Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Begini Penerapan Protokol Kesehatan Di Pesawat AirAsia

Senin, 16 November 2020 16:06 WIB
Paramugari AirAsia menggunakan APD untuk melayani penumpang. (Foto: ist)
Paramugari AirAsia menggunakan APD untuk melayani penumpang. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerapan protokol kesehatan yang tertib dilakukan maskapai AirAsia Indonesia di masa pandemi Covid-19

Dari pantauan Rakyat Merdeka, penerbangan Jakarta-Bali dengan nomor pesawat QZ 7520, seluruh ketentuan protokol kesehatan sudah dilakukan.

Baca juga : Pemprov DKI Mencla-mencle Jalankan Protokol Kesehatan

Direktur Keselamatan Penerbangan AirAsia Indonesia, Capt. Achmad Sadikin mengatakan, protokol kesehatan sudah dilakukan baik di darat maupun di udara dan sesuai dengan langkah-langkah yang diputuskan oleh instansi pemerintah terkait.

Achmad menuturkan, setiap awak kabin dan petugas darat AirAsia Indonesia diwajibkan menggunakan APD secara disiplin seperti masker, face shield, mencuci tangan dengan hand sanitizer, menggunakan sarung tangan, serta melakukan proses desinfeksi di setiap masa transit pesawat.

Baca juga : Festival Kesehatan Astra Gaungkan Semangat Hidup Sehat

"Begitu juga dengan penumpang kami yang dilayani dengan menerapkan protokol kesehatan yang sama," katanya, Senin (16/11).

Menurutnya, ada hal menarik dari AirAsia Indonesia dibanding maskapai lainnya. Pada saat proses keberangkatan penumpang untuk masuk ke pesawat dan pada saat proses kedatangan penumpang untuk keluar pesawat, AirAsia menerapkan sistem jaga jarak yaitu pengaturan per tiga baris penumpang agar dapat menghindari penumpukan penumpang.

Baca juga : Asuransi Kesehatan Digital Sasar Generasi Millennials

"Penumpang tidak diperkenankan untuk langsung keluar pesawat secara bersamaan. Harus bergiliran, Petugas atau pramugari yang akan memanggil penumpang di tiga baris pertama dulu untuk turun. Sementara, penumpang yang lain menunggu dengan sambil berdiri," tuturnya.

Achmad menegaskan, hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dari penyebaran virus Covid-19 di area perusahaan, serta mendukung program Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan dan juga menyesuaikan arahan dari protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment) yang dirumuskan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.