Dark/Light Mode

Rerie Ajak Semua Gerak

Penularan Corona Bikin Merinding

Selasa, 26 Januari 2021 11:38 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah kasus positif Covid-19 bikin merinding. Angkanya menembus angka 1 juta kasus, dengan penambahan rata-rata per hari di atas 10 ribu kasus. Ini merupakan ancaman serius terhadap sistem kesehatan nasional. Antisipasi lewat langkah strategis harus segera direalisasikan bersama. 

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengajak semua elemen masyarakat kompak menangganinya.

"Melihat kondisi penyebaran Covid-19 di Tanah Air yang belum terkendali.  Bahkan,  ada kecenderungan terjadi penyebaran yang lebih cepat, saya kira perlu keterlibatan seluruh elemen masyarakat yang nyata dalam berbagai upaya pengendalian penyebaran virus Corona," pinta Rerie-sapaan Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/1).

Baca juga : Publik : Pemberantasan Korupsi Makin Berhasil Karena OTT

 Mengutip data Satgas Pengendalian Covid-19, Minggu (24/1), Rerie menyebutkan angka positivity rate atau rasio positif Covid-19 sudah mencapai 33,24 persen. Kemudian untuk kapasitas Rumah Sakit, per Selasa (19/1), menunjukkan kondisi kritis. Sejumlah provinsi mencatatkan tingkat keterisian tempat tidur ( Bed Occupancy  Ratio/BOR) di rumah sakit di atas 70 persen. Sebagai contoh di DKI Jakarta BOR tercatat 86,7 persen. BOR Jawa Barat 77,8 persen. BOR Jawa Tengah 72,1 persen,.BOR Yogyakarta 83 persen. dan BOR Banten 87 persen. Rerie menduga, peningkatan jumlah kasus positif Covid-19,  antara lain diduga karena sudah terjadi Pandemic Fatigue, yaitu keadaan masyarakat yang mulai lelah dan jenuh dengan pandemi. Akibatnya, masyarakat sering mengabaikan sejumlah aturan.

Berdasarkan sejumlah kondisi tersebut, lajut Rerie, selain persiapan penambahan ruang perawatan khusus pasien Covid-19 dan tempat tidur, penambahan ketersediaan tenaga kesehatan baik perawat dan dokter, juga harus diantisipasi.

Bentuk antisipasi lain, jelas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu,  upaya disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam bentuk disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, agar harus selalu direalisasikan.  

Baca juga : Kasus Sembuh Cetak Rekor, Tapi Penularan Covid Masih Dahsyat

Rerie juga meminta, perbaikan mendasar dalam melakukan test, tracing, dan treat, juga harus dilakukan, agar upaya pengendalian penyebaran Covid-19 terukur dan bisa menekan signifikan pertambahan kasus positif Covid-19.

Yang tidak kalah penting, menurutnya,  pemerintah harus meningkatkan imunitas tubuh masyarakat lewat asupan makanan bergizi. Pemerintah bisa memberdayakan  penggerak PKK di daerah  dan Dharma Wanita di setiap kementerian.

  "Berbagai upaya tersebut sangat membutuhkan keterlibatan semua pihak, para pemangku kepentingan di pemerintah pusat dan daerah, serta seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya. QAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.