Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komisi V DPR Tinjau Operasional Pelabuhan Merak Di Masa Pandemi

Senin, 8 Februari 2021 19:51 WIB
Sejumlah anggota Komisi V DPR meninjau Pelabuhan Merak didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat dan jajaran PT ASDP di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (5/2). (Foto: Ist)
Sejumlah anggota Komisi V DPR meninjau Pelabuhan Merak didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat dan jajaran PT ASDP di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (5/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi V DPR meninjau sarana prasarana serta fasilitas pelayanan Pelabuhan Merak, Banten. Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae mengatakan, Pelabuhan Merak merupakan salah satu sarana transportasi penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, sehingga harus benar-benar dipastikan semua aspek berjalan lancar.  

"Kita ingin memastikan sarana prasarana Pelabuhan Merak berjalan baik dan lancar, sehingga dapat melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang transportasi laut. Selain itu, kami ingin mengetahui permasalahan apa saja yang perlu diperbaiki guna mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat," kata Ridwan Bae usai meninjau Pelabuhan Merak yang turut didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat dan jajaran PT ASDP di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (5/2).  

Baca juga : PPKM Berbasis Mikro Berlaku, Gus Nabil Minta Ormas Dan Pesantren Dilibatkan

Ridwan Bae mengatakan, berdasarkan laporan yang di sampaikan pihak PT ASDP, di masa pandemi Covid-19, jumlah penumpang kapal mengalami penurunan sekitar 30 persen dan sebaliknya jumlah kendaraan barang alami kenaikan luar biasa.

"Jumlah penumpang perharinya alami penurunan dari 20 ribu lebih menjadi 14 ribu penumpang. Jadi kurang lebih 30 persen menurun. Tetapi yang menggembirakan kita justru jumlah bus dan truk naik dari 1500 naik menjadi 1700," ujar Ridwan.  

Baca juga : Wakil Ketua Komisi X DPR Anggap SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah Lebay

Anggota DPR Fraksi Partai Golkar ini menjelaskan, pergerakan dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan Darat, pengelolaan pelayanan di Pelabuhan Merak saat ini sangat baik, meskipun masih terus ada perbaikan mengenai persoalan waktu tunggu penumpang.

"Keterlambatan waktu bisa terpengaruh dari cuaca dan orang masih bisa menunggu satu sampai dengan tiga jam. Diharapkan dari pihak ASDP, ada langkah yang baik untuk meminimalisir dan tidak ada lagi orang menunggu terlalu lama," pinta Ridwan.  

Baca juga : Senayan Minta Bulog Rilis Stok Beras Di Gudangnya

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, masukan dari Komisi V DPR akan dijadikan referensi dan juga menjadi acuan bagi PT ASDP untuk memperbaiki semua ekosistem pelabuhan yang ada. Ia juga menyampaikan, penerapan prokes Covid-19, sarana dan prasarananya sudah sesuai dengan ketentuan yaitu pengecekan terhadap swab antigen. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.