Dark/Light Mode

Alat Pertanian Makin Maju

Senayan Ajak Generasi Muda Nggak Takut Menjadi Petani

Kamis, 4 Maret 2021 06:10 WIB
Ilustrasi Petani Milenial. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Petani Milenial. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil rakyat mengajak para generasi muda tidak ragu terjun ke dunia pertanian. Dengan penerapan teknologi yang makin maju di sektor pertanian, petani tidak sekadar bersawah, tapi juga berorientasi bisnis.

Anggota Komisi IV DPR Hermanto bilang, alat dan mesin pertanian kini makin maju, bahkan sudah bisa dikendalikan remote control atau komputer. Sehingga petani tidak lagi perlu turun ke sawah.

Baca juga : Darmadi Canangkan Program Seribu Gerobak Usaha

“Yang bisa melakukan ini adalah para milenial. Di tangan milenial, pertanian tidak sekadar menanam komoditas tertentu, tetapi sudah berorientasi bisnis,” kata Hermanto, Rabu (3/3).

Dia mengatakan, sains dan teknologi merupakan salah satu kunci kemajuan pertanian. Para generasi milenial diharapkan bisa segera menggantikan generasi petani saat ini yang umumnya sudah berusia tua dengan tingkat pendidikan rendah.

Baca juga : Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, DPR Minta Pintu Masuk Diperketat Lagi

Adanya program Petani Milenial diharapkan bisa menarik minat anak muda untuk terjun ke sektor pertanian.

“Kementerian Pertanian punya target merekrut 2,5 juta milenial Indonesia agar mau menekuni sektor pertanian. Khusus Sumatera Barat, tahun ini ditargetkan terekrut 1.000 milenial,” jelas politisi PKS ini.

Baca juga : Wakil Ketua DPR: Usut Tuntas Narasi Antivaksin Di Media Sosial

Sementara, Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Erma Rini berharap Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) bisa melahirkan lebih banyak generasi muda pertanian yang tangguh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.