Dark/Light Mode

Tangani Mental Masyarakat Di Tengah Pandemi

Komisi IX DPR Minta Menteri BGS Sediakan Psikolog Di Puskesmas

Jumat, 9 April 2021 08:51 WIB
Anggota Komisi IX DPR H Alifudin saat Rapat Kerja (Raker) dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Mentri Kesehatan, Kepala BPOM, dan Dirut PT Biofarma, Kamis (8/4). (Foto: Ist)
Anggota Komisi IX DPR H Alifudin saat Rapat Kerja (Raker) dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Mentri Kesehatan, Kepala BPOM, dan Dirut PT Biofarma, Kamis (8/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR H Alifudin menyebut, kunci kekuatan di masa pandemi Covid-19 adalah masyarakat merasa bahagia. Sebab, di tengah pandemi yang belum kunjung berakhir ini, masyarakat rawan dilanda stres dan kesehatan mental lainnya.

"Kunci kekuatan di masa pandemi tidak lain bahwa masyarakat harus merasa bahagia," ujar Alifuddin saat Komisi IX DPR melakukan Rapat Kerja (Raker) dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Mentri Kesehatan, Kepala BPOM, dan Dirut PT Biofarma, Kamis (8/4).

Baca juga : Kapolri Minta Masyarakat Tak Panik Pascaledakan Bom di Gereja Katedral Makassar

Alifuddin menyinggung lagu Grup Band Tanah Air Dmasiv yang berjudul jangan menyerah. Dalam lagu tersebut, hidup ini harus disyukuri. Sebab, apapun yang terjadi dalam hidup ini adalah anugerah.

"Tetap jalani hidup ini dan melakukan yang terbaik. Negara perlu hadir melakukan pendampingan untuk masyarakat di tengah pandemi," ingat anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Baca juga : Jokowi Minta Stop Perdebatan Soal Impor Beras

Karenanya, Alifudin menambahkan, untuk mengetahui kondisi kejiwaan masyarakat, penting disediakan tenaga psikolog di seluruh Puskesmas. Agar setiap masyarakat yang datang dan minta pendampingan terkait kejiwaan, dapat ditangani kondisi mentalnya di masa pandemi.

"Pak Menteri Kesehatan beserta jajarannya, dalam rangka mengetahui kejiwaan masyarakat di setiap daerah, penting untuk disediakan tenaga psikolog. Agar masyarakat dapat di tangani mentalnya," pinta anggota dewan dari Dapil Kalimantan Barat (Kalbar) ini.

Baca juga : Terima Kunjungan Wabup Malaka, Gus Menteri Serahkan Buku SDGs Desa

Alifuddin mengikuti Raker dan RDP tersebut hingga rampung. Rapat kelar sekitar pukul 00.32, Jumat (9/4). Hadir dalam Raker dan RDP tersebut Menkes Budi Gunadi Sadikin (BGS). Raker juga membahas mengenai strategi vaksinasi Covid-19 dalam mencapai herd immunity dan kesiapan penyediaan vaksin Covid-19 untuk vaksinasi gotong royong beserta regulasinya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.