Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemarin, Sempat Mendarat Darurat Di Tengah Landasan

Batik Air Rute Jambi-Jakarta Kini Sudah Diamankan Di Apron

Minggu, 7 Maret 2021 10:45 WIB
Batik Air rute Jambi-Jakarta yang mendarat darurat di tengah landasan Bandara Sultan Thaha, Jambi, kini sudah berhasil diamankan di landasan parkir (apron), Minggu (7/2). (Foto: Humas Batik Air)
Batik Air rute Jambi-Jakarta yang mendarat darurat di tengah landasan Bandara Sultan Thaha, Jambi, kini sudah berhasil diamankan di landasan parkir (apron), Minggu (7/2). (Foto: Humas Batik Air)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemindahan posisi pesawat Batik Air rute Jambi-Jakarta ID-6803 di landas pacu Bandar Udara Sultan Thaha, Jambi (DJB), berhasil dilakukan dengan aman sesuai prosedur (Airbus Technical Recommendations). Saat ini, Airbus 320-200 registrasi PK-LUT sudah berada di landas parkir (apron).

Hal ini disampaikan Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resminya, Minggu (7/3).

"Pada hari ini, Minggu (7/3) pukul 02.25 WIB, teknisi, peralatan dan perlengkapan telah tiba di Bandar Udara Sultan Thaha setelah diterbangkan dari Batam melalui Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batu Besar, Kepulauan Riau (BTH) pada 01.00 WIB," papar Danang.

Baca juga : Cuaca Buruk, Batik Air Rute Jakarta-Semarang Dialihkan Ke Solo

Danang menjelaskan, progres persiapan serta pelaksanaan pemindahan posisi pesawat udara (evakuasi dan penarikan atau towing) pada Airbus 320-200 registrasi PK-LUT di Bandar Udara Sultan Thaha, Jambi (DJB) terus dilakukan melalui koordinasi dan kerja sama yang baik, antara semua unit atau pihak yang terlibat.

Pada pukul 02.25 waktu setempat, teknisi, peralatan dan perlengkapan telah tiba di Bandar Udara Sultan Thaha yang diterbangkan dari Batam melalui Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batu Besar, Kepulauan Riau (BTH) pada 01.00 WIB. Menggunakan Wings Air tipe pesawat ATR 72-600 penerbangan nomor IW-5030.  

"Pada pukul 02.26 WIB dengan kondisi hujan, posisi pesawat udara registrasi PK-LUT masih berada di landas pacu (runway). Upaya untuk proses pemasangan alat bantu pada roda pendaratan pesawat bagian depan, dan pemindahan tetap dilaksanakan," papar Danang.  

Baca juga : Wajah Stasiun Jatinegara Kini Modern Dan Megah

Pemindahan posisi pesawat dari landas pacu berhasil dilakukan dengan aman dan tepat sesuai prosedur (Airbus Technical Recommendations), pada pukul 06.20 WIB.  

Batik Air senantiasa berkoordinasi dan kerja sama dengan pengelola bandar udara setempat (PT Angkasa Pura II Cabang Bandar Udara Sultan Thaha Jambi), regulator dan instansi lainnya yang terkait dalam proses pemindahan posisi pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUT.  

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak internal dan eksternal yang telah bekerja sama dengan baik dalam proses pemindahan pesawat tersebut," tutur Danang.

Baca juga : PLN Pastikan Stasiun Cas Kendaraan Listrik Rute Jakarta-Bali Siap Digunakan

Danang menambahkan, pihaknya juga berkoordinasi dan menyerahkan proses investigasi atas insiden penerbangan ID-6803 kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan, serta berbagai pihak terkait. Agar dapat memberikan rekomendasi kepada Batik Air.  

"Batik Air meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Batik Air lainnya tidak terganggu," pungkas Danang. [HES] 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.