Dark/Light Mode

Selama Bulan Ramadan, Penceramah Diminta Beri Materi Yang Menenangkan

Jumat, 9 April 2021 18:13 WIB
Ketua Umum Lamahu yang juga Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad memberikan paket sembako kepada masyarakat Gorontalo se-Jabodetabek. (Foto: Ahmad Lathif Rosyidi/RM)
Ketua Umum Lamahu yang juga Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad memberikan paket sembako kepada masyarakat Gorontalo se-Jabodetabek. (Foto: Ahmad Lathif Rosyidi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengimbau  para penceramah atau pendakwah agar memberikan materi dakwah yang menenangkan masyarakat. Bukan malah membuat orang bertindak berlebihan dalam memahami agama atau radikal selama bulan Ramadan.

Menurut laporan dari pihak kepolisian kepada MPR, kata dia, aksi radikalisme semakin banyak dan mengerikan setiap harinya.

"Sehingga aparat penegak hukum dan semua stakeholder yang terlibat perlu membuat langkah-langkah pengamanan yang ekstra, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa," ujar Fadel di Masjid Darussalam, Patra Kuningan, Jakarta, Jumat (9/4).

Menurut Fadel saat ini banyak masyarakat yang khawatir dengan keberadaan orang-orang radikal. Untuk itu, senator asal Gorontalo ini meminta para tokoh agama dan pendakwah ikut serta dan berperan aktif dalam upaya menenangkan isu-isu radikalisme di tengah masyarakat.

Baca juga : Selama Ramadan Smartfren Extra Unlimited Malam Full Speed

"Jangan sampai membuat isu atau berbuat sesuatu yang bisa merusak nama islam dan bisa menimbulkan korban," harap dia.

Selain itu, Fadel yang juga Ketua Umum organisasi paguyuban Gorontalo (Lamahu), memberikan paket sembako kepada masyarakat Gorontalo yang berada di Jabodetabek.

Fadel mengatakan, dalam tradisi masyarakat Gorontalo setiap menyabut bulan suci Ramadan, maka ada kegiatan yang dinamakan Yimelu. Kegiatan itu memberikan paket sembako atau hal lain kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Mengumpulkan sesuatu secara bersama-sama diberikan kepada mereka yang pantas menerima paket-paket tersebut," beber Fadel. 

Baca juga : Pelaksanaan Ibadah Paskah Di Lebak Banten Berlangsung Aman

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu mengatakan, paket sembako yang diberikan jumlahnya sebanyak 1.708.

Karena adanya pandemi ini, dirinya tidak bisa memberikan banyak paket sembako. Anmun di tahun-tahun berikutnya dia berjani, paket yang diberikan ke masyarakat bakal lebih banyak lagi

Tidak hanya itu, politikus Partai Golkar ini menambahkan, memasuki bulan Ramadan ini nantinya Lamahu juga akan mengelar ceramah-ceramah secara daring kepada masyarakat Gorontalo dan juga berbagai kegiatan lainnya.

"Ada beberapa acara yang lain kita adakan ceramah-ceramah agama melalui webinar, kemudian bikin buka puasa bersama, ada cara sumbangan juga," ungkap Fadel.

Baca juga : Jelang Ramadan, Food Station Tjipinang Pastikan Stok Beras Di DKI Aman

Fadel berharap masyarakat Gorontalo yang menerima paket sembako ini bisa memanfaatkannya dengan baik.

"Kami berpesan kepada masyarakat Gorontalo agar menerima ini dengan bersyukur dan Insya Allah mereka bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan hikmat dan amal ibadah bisa diterima semua," tandasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.