Dark/Light Mode

Cegah Penyebaran Varian Baru Corona

Senayan Ajak Masyarakat Konsisten Patuhi Prokes

Selasa, 27 April 2021 07:35 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Foto: Net)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan meminta masyarakat mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dalam keseharian. Kepatuhan menerapkan prokes bakal efektif menekan sebaran varian baru virus Corona di Tanah Air.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan, munculnya varian baru virus Corona di sejumlah negara merupakan peringatan.

“Kita harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten dalam keseharian,” ujar Rerie, sapaan Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Kepala Kabinda Ditembak KKB, Komisi I DPR: Dunia Internasional Harus Buka Mata

Diketahui, ledakan penyebaran varian baru Covid-19 menyebabkan penambahan lebih dari 300 ribu kasus positif Covid-19 per hari di India.

Kondisi ini menyebabkan sejumlah warga negara India ke luar negeri untuk menyelamatkan diri. Salah satu tujuannya Indonesia.

Pekan lalu, 12 Warga Negara Asing (WNA) dari India yang masuk Indonesia terdeteksi positif Covid-19. Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan melarang WNA dari India masuk ke Indonesia untuk sementara waktu.

Baca juga : Misbakhun: Pertahankan Independensi OJK Dan BI Dalam Omnibus Law Sektor Keuangan

Melanjutkan keterangannya, Rerie mengapresiasi keputusan pemerintah melarang WNA untuk sementara waktu.

Ledakan kasus positif Covid19 di sejumlah negara, sambung dia, harus direspons dengan kebijakan tegas dan antisipatif untuk mencegah penyebaran varian baru virus Corona.

Contoh terkini yang harus diwaspadai di dalam negeri, urai Rerie, terjadi pekan lalu di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Dua kali angka positivity rate pecah rekor di Sumbar pada Minggu (18/4) tercatat 16 persen, dan Rabu (21/4) tercatat 17,6 persen. Kasus harian positif Covid-19 juga sempat mencapai angka tertinggi di provinsi itu, yakni sebesar 514 orang pada Rabu (21/4).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.