Dark/Light Mode

Legislator PDIP Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Sabtu, 3 Juli 2021 11:56 WIB
Anggota Komisi X DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Ist)
Anggota Komisi X DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengajak para penyintas Covid-19 untuk ikut ambil bagian menolong para pasien Covid-19. Caranya, dengan menjadi pendonor plasma konvalesen.

"Setetes darah Anda sangat berarti, bisa menyelamatkan jiwa-jiwa yang saat ini terancam Covid-19. Ayo saudara-saudara yang sudah sembuh, saat ini giliran Anda menolong saudara kita yang membutuhkan plasma konvalesen," ujar Rahmad dalam keterangannya kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (3/7).

Politisi PDIP ini mengatakan, ajakan untuk masyarakat penyintas Covid-19 bukan sebagai ‘bayaran’ karena mereka selama menjalani perawatan semua biaya ditanggung negara.

Baca juga : Anis Matta Dorong Ilmuwan Lakukan Penelitian, Cari Obat Covid-19

Tapi ajakan ini, kata Rahmad, merupakan bentuk solidaritas sesama anak bangsa untuk bersama-sama saling bahu membahu bergotong royong di masa sulit akibat pandemi.

"Sekali lagi, ayo kita gelorakan bersama semangat saling bahu membahu, bergotong royong memberi harapan kesembuhan kepada saudara-saudara kita yang sedang kritis akibat Covid-19. Mereka membutuhkan uluran tangan para penyintas Covid-19 dalam bentuk plasma konvalesen," tuturnya.

Rahmad mengingatkan, ledakan kasus Covid-19 akan membuat permintaan dan kebutuhan plasma konvalesen turut meningkat. Plasma konvalesen sendiri, berdasarkan penelitian, sudah terbukti dapat meningkatkan peluang sembuh pasien Covid-19 akan meningkat.

Baca juga : Duterte: Anda Pilih Vaksin Atau Penjara

Sayangnya, kata Rahmad, masih banyak penyintas Covid-19 yang bersikap diam dan enggan untuk mendonorkan darahnya.

"Kami memantau PMI (Palanh Merah Indonesia) mulai kewalahan memenuhi permintaan plasma darah. Ini terjadi karena para penyintas Covid-19 belum tergerak hatinya untuk menjadi relawan menyumbang darah," sesal Rahmad.

Dia pun meminta PMI secepatnya melakukan konsolidasi untuk menyiapkan tempat-tempat produksi plasma darah yang berasal dari hasil donor para penyintas Covid-19 di seluruh kota di Indonesia.

Baca juga : Ahli Virologi: Mutasi Covid-19 Tak Selamanya Ganas

Rahmad mencontohkan PMI Kabupaten Cirebon yang sudah memproduksi plasma darah, yang berasal dari hasil donor para penyintas Covid-19.

"Tempat untuk memproduksi plasma darah tidak boleh hanya terbatas satu tempat dua tempat, tapi hendaknya ada di setiap kota di Indonesia," imbaunya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.