Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wakil Ketua DPR Simulasi Gedung DPR Jadi RS Darurat Corona

Ranjang Nggak Masuk Lift, Kamar Mandi Cuma Sedikit

Selasa, 13 Juli 2021 07:35 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad melakukan simulasi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (12/7/2021). (Foto: Humas DPR)
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad melakukan simulasi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (12/7/2021). (Foto: Humas DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desakan agar Gedung DPR dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 ramai disuarakan warga di dunia maya dan dunia nyata. Untuk menjawab hal itu, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad memilih tak mau banyak berwacana. Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu, memilih melakukan simulasi langsung. Dia membawa satu bed ranjang pasien ke Gedung DPR. Dia cek ruangan per ruangan. Sampai ke toilet-toiletnya. Setelah simulasi ini, apakah Gedung DPR layak jadi RS Darurat? Ini faktanya:

Simulasi ini dilakukan kemarin siang. Dasco tidak sendirian. Dia didampingi Sekjen DPR, Indra Iskandar dan anggota pengamanan dalam (pamdal).

Dasco yang mengenakan setelan kemeja lengan panjang putih dan celana hitam itu, melakukan simulasi di beberapa titik. Salah satunya, Ruang Rapat Paripurna DPR yang berada di lantai tiga Gedung Nusantara II. Lokasi ini diusulkan menjadi bangsal atau ruang perawatan.

Baca juga : Tempat Tidur Pasien Tak Bisa Masuk Ke Dalam Lift

Namun, berdasarkan hasil simulasi, ruangan tersebut terkendala akses. Sebab, ranjang pasien yang sudah dibawanya itu, tidak bisa dimasukkan ke dalam lift. Kondisi Ruang Paripurna yang tak rata dan cenderung menurun, sulit juga bagi ranjang pasien itu dibawa dengan nyaman.

“Sehingga agak kesulitan kita menaruh tempat tidur, karena Ruang Rapat Paripurna yang kalau dipakai untuk bangsal itu, tidak rata,” kata Dasco.

Kemudian, Koordinator Satgas Lawan Covid 19 DPR itu, bersama rombongan melanjutkan ke titik selanjutnya. Kali ini, ke Gedung Nusantara I, tempat berkantornya para anggota DPR. Gedung itu terdiri dari 23 lantai. Setiap lantai memiliki 30 ruangan.

Baca juga : Ikhlas Kantornya Jadi RS Darurat Corona, Dasco: Tapi Banyak Kendalanya

Gedung ini juga tidak bisa dijadikan RS Darurat. Kendalanya sama seperti di Gedung Nusantara II. Tempat tidur yang tidak masuk lift. Jangankan masuk ke lift, akses menuju lift saja, ranjang itu harus digotong pamdal.

Lalu, Dasco memperlihatkan ruang salah satu anggota DPR. Kedatangan Dasco dkk disambut kursi tamu dan meja kantor yang tata letaknya berdekatan. Meski bisa masuk dua sampai tiga tempat tidur, tapi ruangan ini tampak sesak. Karena ukuran ruangannya cuma 30 meter per segi.

“Bisa masuk ranjang tapi harus di bongkar total dulu, karena banyak perlengkapan,” imbuh legislator yang berlatar belakang advokat itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.