Dewan Pers

Dark/Light Mode

Banyak Wartawan Meninggal Karena Covid-19, Imin Ikut Berduka

Jumat, 16 Juli 2021 23:32 WIB
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram/cakiminnow)
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram/cakiminnow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 telah menimbulkan banyak korban jiwa. Data terbaru per Sabtu (16/7), ada penambahan 1.205 kasus kematian akibat Covid-19. Total korban meninggal dunia menjadi 71.397 orang.

Di antara korban meninggal itu, ada dari kalangan wartawan, yang selama ini berjuang memberitakan berbagai hal terkait pandemi Covid-19. Jumlah wartawan yang terinfeksi Covid-19 kian hari terus bertambah. Di Jakarta saja, ada ratusan wartawan yang terpapar Covid-19 dan tidak sedikit yang akhirnya meninggal dunia.

Mendengar kabar ini, Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra, Muhaimin Iskandar, ikut berduka. Politisi yang akan disapa Cak Imin ini menyebut, wartawan merupakan pejuang informasi publik yang berada di garis depan sehingga rawan terpapar Covid-19.

"Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Duka mendalam saya untuk sahabat-sahabat wartawan. Mereka adalah pejuang informasi publik. Beristirahatlah dalam damai para sahabatku pejuang pembawa berita," kata Ketua Umum PKB ini, Jumat (16/7).

Politisi yang pernah berprofesi sebagai jurnalis ini berpesan ke para wartawan untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam menjalankan tugas keseharian meliput suatu peristiwa. Ia juga berpesan, agar wartawan menggunakan strategi peliputan tidak langsung berinteraksi dalam kerumunan orang. Jika pun harus berinteraksi, pastikan protokol kesehatan betul-betul diperhatikan.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan secara disiplin. Jangan pernah diabaikan prokesnya. Tingkatkan empati secara internal dengan saling mengingatkan antarkawan wartawan seprofesi,” pesannya. [TIF]