Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangan Cuma Untuk Masuk Mall, Maksimalkan Aplikasi PeduliLindungi

Jumat, 10 September 2021 14:02 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - LPemanfaatan aplikasi PeduliLindungi dan sejumlah sarana pendukung lainnya dalam pengendalian penyebaran Covid-19 di tanah air, harus dimaksimalkan. Selama ini pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi sekadar dimanfaatkan untuk skrining di sejumlah area kegiatan publik. Seperti untuk masuk mall.

"Diharapkan fungsi aplikasi tersebut bisa dimaksimalkan untuk pelacakan orang yang terindikasi terpapar Covid-19 dalam rangka pengendalian penyebaran virus Corona," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/9).

Dalam evaluasi penerapan aplikasi PeduliLindungi di enam sektor kehidupan masyarakat, pemerintah menemukan fakta bahwa masih ada masyarakat yang bepergian kendati terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga : Ayo Download Dan Manfaatkan Aplikasi Peduli Lindungi

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Senin (6/9) mengungkapkan, lewat aplikasi PeduliLindungi pihaknya berhasil menjaring 1.625 kasus penderita Covid-19 dan kontak erat masih berkeliaran, sebagian besar terdeteksi saat akan masuk mal.

Menurut Lestari, berdasarkan temuan tersebut aplikasi PeduliLindungi bisa dimaksimalkan pemanfaatannya. Sehingga bisa memperkuat upaya pelacakan penderita Covid-19 dan kontak erat, dalam upaya meningkatkan pengendalian penyebaran virus Corona.

Pada fase tren jumlah kasus positif Covid-19 menurun saat ini, Rerie, sapaan akrab Lestari berpendapat, kehandalan perangkat pendukung dalam pengendalian Covid-19 seperti aplikasi PeduliLindungi harus ditingkatkan, baik dari sisi pemanfaatannya dan dari sisi keamanannya.

Baca juga : Jangan Keluar Rumah Kalau Nggak Penting

Semakin banyak orang yang mengakses aplikasi tersebut, tambah anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, semakin akurat juga upaya pemantauan yang dilakukan lewat aplikasi Peduli Lindungi. Hingga saat ini tercatat baru sekitar 20,9 juta orang dari 270 juta penduduk Indonesia yang mengunduh aplikasi tersebut.

Rerie berharap, pemanfaatan sejumlah sarana pendukung lainnya dalam upaya pengendalian Covid-19 di tanah air juga terus ditingkatkan dalam proses membangun suatu norma baru dalam kehidupan keseharian masyarakat.

"Berbagai upaya pengendalian dalam keseharian di era pascapandemi itu merupakan tahapan yang harus dilalui dan memerlukan dukungan masyarakat dan para pemangku kepentingan di pusat dan daerah untuk menyukseskannya," pungkasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.