Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua DPD Ingatkan Menkes

2 Dari 5 Ibu Hamil Di Indonesia Kurang Asupan Cairan

Senin, 20 September 2021 14:17 WIB
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Humas DPD)
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Humas DPD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi kesehatan ibu hamil kembali disoroti Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Berdasarkan temuan, ada dua dari lima ibu hamil dan satu dari dua ibu menyusui kekurangan asupan air minum yang berkualitas.

Temuan tersebut terungkap dalam Konferensi Obstetri dan Ginekologi yang diselenggarakan Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad), Minggu (19/9).

Baca juga : Sumut Dan Jatim Kejar-kejaran Di Tangga Kasus Kematian Harian

Menurut LaNyalla, kualitas generasi masa depan sangat ditentukan sejak dalam kandungan, proses kelahiran, hingga pemberian ASI yang baik oleh ibu. Karena itu, LaNyalla meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperhatikan hal ini.

"Kebutuhan cairan, khususnya air minum yang cukup, bagi ibu di masa kehamilan dan saat menyusui sangat tinggi. Dalam kondisi ini tidak boleh kekurangan cairan guna menunjang masa kehamilan yang sehat, serta kualitas dan kuantitas ASI," kata LaNyalla, Senin (20/9).

Baca juga : Kebijakan Cukai Tembakau Jangan Abaikan Industri, Buruh, Dan Petani

Ibu menyusui yang kekurangan cairan mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI. Sedangkan pada ibu hamil, kekurangan asupan cairan berpotensi menyebabkan masalah dalam kelahiran. Seperti prematur, berat badan bayi yang rendah, dan bahkan cacat bawaan.

"Masalah minum air yang cukup bagi ibu hamil dan menyusui seperti masalah kecil. Namun dampaknya sangat besar bagi bayi dan masa depan bangsa. Makanya hal ini harus menjadi perhatian dan keseriusan bersama karena berkaitan dengan generasi penerus," tuturnya.

Baca juga : Suatu Sarana Promosi Dan Komunikasi

Karena krusialnya kebutuhan air itu, LaNyalla mengimbau para kader di Posyandu untuk selalu menganjurkan minum air yang cukup kepada para ibu hamil dan menyusui.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.