Dark/Light Mode

Puan Bicara Tempat Wisata Penuh

Rakyat Suntuk & Stres

Selasa, 21 September 2021 08:58 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Dok. DPR)
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani waswas melihat penuhnya tempat wisata dalam dua pekan terakhir. Dia paham, selama ini masyarakat suntuk dan stres menjalani pembatasan akibat pandemi Corona. Namun, dia khawatir, masyarakat bablas sehingga berpotensi menimbulkan gelombang baru Corona.
 
Sejak PPKM turun level, sejumlah destinasi wisata mulai dibuka secara bertahap. Kebijakan ini disambut antusias warga, lalu menyerbunya. Alhasil, jalanan, penginapan, rumah makan, rest area, atau pusat oleh-oleh, ramai kembali.
 
Jalur Jakarta-Puncak dan sebaliknya, akhir pekan kemarin, macet. Ribuan kendaraan yang mau berwisata, mengular. 
 
Selain di jalanan, keramaian juga terlihat di rumah makan di kawasan Puncak. Tak jarang, pelanggaran protokol kesehatan (prokes) pun terjadi. Baik dalam hal menggunakan masker, jaga jarak, hingga kapasitas maksimal orang dalam ruangan. Tingkat okupansi hotel dan restoran juga tinggi. Berdasarkan data yang dirilis Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, angkanya tembus 70 persen.
 
Pemandangan yang sama juga terjadi di Lembang, Bandung. Ribuan mobil berplat B menyerbu Bandung. Beberapa kendaraan sempat diputar balik petugas karena pemberlakuan aturan ganjil genap. Namun, bukannya pulang, mereka malah lewat rute-rute alternatif. 
 
Di Pantai Pangandaran juga sama, penuh sudah diserbu pengunjung. Tingkat keterisian hotelnya nyaris penuh. 
 
Begitu halnya di Malioboro, Yogyakarta. Khususnya di malam hari. Keramaian kembali terjadi, meskipun penerangan jalan umum (PJU) dipadamkan.
 
Di Jakarta, ada tiga tempat wisata yang mulai dibuka. Yakni, Setu Babakan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Ancol. Meski aturan yang diterapkan pengelola ketat, namun tak mengurangi minat pengunjung. Yang datang ketiga tempat wisata itu, tetap membludak.
 
Kondisi ini membuat Puan angkat suara. "Banyak orang mungkin suntuk, bahkan stres kurang hiburan selama pembatasan sosial berbulan-bulan, dan kini mau balas dendam pergi jalan-jalan ke tempat wisata," kata Ketua DPP PDIP ini, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.