Dark/Light Mode

Menuju Hidup Bersama Corona

Tempat Wisata Mau Uji Coba, Eh, Tapi Sudah Ramai Duluan

Selasa, 7 September 2021 08:10 WIB
Koordinator PPKM Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers terkait perpanjangan PPKM secara virtual, Senin (6/9/2021). (Foto: Humas Kemenkomarves)
Koordinator PPKM Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers terkait perpanjangan PPKM secara virtual, Senin (6/9/2021). (Foto: Humas Kemenkomarves)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seiring dengan terus turunnya kasus Covid-19, Pemerintah berencana melakukan uji coba pembukaan tempat wisata. Eh, ternyata tempat wisata sudah “curi start”. Beberapa tempat wisata sudah ramai duluan.

Pemerintah memutuskan kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dari 7 sampai 13 September 2021. Namun, kini jumlah wilayah yang berstatus PPKM Level 4 semakin sedikit, tinggal 23 kabupaten/kota. Jumlah yang berstatus PPKM Level 3 kini ada 243 dan PPKM Level 2 ada sebanyak 118. Sedangkan PPKM Level 1 ada 2 kabupaten/kota.

Banyaknya daerah yang turun level ini tidak lepas dari penurunan kasus Covid-19. Antara 9 Agustus sampai 5 September 2021, kasus aktif Covid-19 sudah turun sebanyak 65,33 persen. Kasus harian juga sudah menukik. Kemarin, “hanya” ada penambahan kasus baru sebanyak 4.413 orang.

Baca juga : Kegiatan Mau Dilonggarin, Syaratnya Sudah Divaksin

Melihat perbaikan ini, Pemerintah berencana melakukan uji coba membuka beberapa tempat wisata. Termasuk untuk daerah yang masih berstatus PPKM Level 3.

“Akan dilakukan uji coba 20 tempat wisata di kota dengan level 3, dengan penerapan prokes ketat dan implementasi platform PeduliLindungi,” kata Koordinator PPKM Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers virtual, kemarin.

Untuk daerah PPKM Level 2, Luhut tidak menyebutkan berapa jumlah lokasi wisata yang diujicobakan. Dia hanya menyebut, tempat wisata di daerah itu juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga : Kita Masih Kuat Kita Masih Tahan

Namun, sebelum uji coba dilakukan, beberapa tempat wisata sudah ramai duluan. Akhir pekan kemarin buktinya. Kawasan Puncak, Bogor, penuh dengan wisatawan dari Jabodetabek. Saking banyaknya wisatawan, kemacetan panjang terjadi sepanjang Sabtu dan Minggu.

Di Malioboro, Yogyakarta, juga sama. Banyak wisatawan hilir-mudik, memenuhi jalanan dan trotoar. Ada yang berbelanja, ada yang cuma jalan-jalan.

Di Pangandaran, Jawa Barat, ribuan wisatawan dari berbagai daerah datang. Ada yang dari Bandung, Jakarta, bahkan Jawa Tengah. Kamar-kamar hotel di Pangandaran penuh dipesan wisatawan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.