Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Punya Kemampuan Dan Kesempatan

Airlangga Dianggap Penuhi Syarat Maju Pilpres 2014

Minggu, 1 Agustus 2021 20:30 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Foto: Instagram Airlangga)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Foto: Instagram Airlangga)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Karya (Satkar) Ulama Partai Golkar Karawang, Jawa Barat, menilai Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memenuhi syarat untuk maju sebagai Capres 2024. Organisasi sayap Golkar ini menganggap, ketua umumnya mempunyai kemampuan dan kesempatan untuk maju di Pilpres 2024

“Tinggal beliau mau diusung jadi capres atau tidak. Kalau mau, berarti syaratnya sudah lengkap," kata Ketua Satkar Ulama Partai Golkar Karawang KH Sya'roni Ma'shum, Minggu (1/8), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Bertemu Airlangga, PM Singapura Puji Iklim Berusaha RI Makin Baik

Menurut anggota Dewan Penasihat DPD Partai Golkar Kabupaten Karawang ini, kemampuan, kemauan, dan kesempatan adalah syarat yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi capres. Ia mengatakan, sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian, kemampuan Airlangga untuk memimpin Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

"Beliau memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang sangat mumpuni. Seorang teknokrat yang cinta Tanah Air, konsisten, komitmen terhadap tugas, agamis, dan rendah hati. Sangat pantas untuk memimpin Indonesia pada masa mendatang," ujarnya.

Baca juga : Penyaluran Bansos PPKM Darurat Dianggap Lebih Baik Daripada PSBB

Sya'roni mengatakan, Indonesia menggunakan sistem presidential threshold dalam pengajuan calon presiden. Seseorang bisa maju dalam Pilpres apabila diusung partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki 20 persen dari jumlah kursi DPR atau sekitar 115 kursi.

Di periode ini, lanjut dia, Partai Golkar memiliki 85 kursi di DPR atau terbesar kedua setelah PDIP. Artinya, Partai Golkar cukup berkoalisi dengan satu partai untuk dapat mengusung pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024.

Baca juga : Laporan Pelanggaran Etik Saat Ini Melonjak Drastis

"Kans Airlangga untuk jadi capres sangat besar. Tinggal bagaimana memaksimalkan waktu yang masih ada sekitar tiga tahun menuju Pilpres 2024 ini untuk menaikkan elektabilitas pak Airlangga," kata Sya'roni.

Sya'roni menambahkan, Partai Golkar adalah partai besar yang punya banyak pengalaman, baik di eksekutif dan legislatif. "Tinggal memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk memenangkan pemilu dan sekaligus pak Airlangga sebagai Presiden RI," ujarnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.