Dark/Light Mode

Gelar Pertemuan Virtual Dengan Petinggi PKC

Muhaimin Ingin Kerja Sama Indonesia-China Diperluas

Selasa, 26 Oktober 2021 07:15 WIB
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) saat melakukan pertemuan secara virtual dengan para petinggi Partai Komunis China (CPC), Senin (25/10/2021). (Foto: Humas PKB)
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) saat melakukan pertemuan secara virtual dengan para petinggi Partai Komunis China (CPC), Senin (25/10/2021). (Foto: Humas PKB)

 Sebelumnya 
“Ke depan, kami berharap ada kerja sama dalam bentuk pertukaran pemuda atau tokoh. Hal ini penting untuk membangun masa depan dunia yang toleran dan dilandasi nilai-nilai kemanusiaan,” urai dia.

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih, tambah dia, kerja sama ekonomi Indonesia dan China juga harus berorientasi pada pemasaran roduk-produk hasil pertanian, perikanan, serta UMKM Indonesia ke pasar China.

Baca juga : Gus Muhaimin Dorong Kerjasama Indonesia-China Di Berbagai Bidang

“Dalam konteks itu, yang tak kalah penting bahwa dalam kerja sama bilateral ini kita berharap mampu membantu perjuangan Indonesia melawan penangkapan ikan illegal,” urainya.

Anggota Biro Politik Komite Sentral PKC Wang Chen mengucapkan terima kasih atas atensi Gus Muhaimin yang menyampaikan selamat kepada Presiden China Xi Jinping atas 100 tahun usia PKC.

Baca juga : Cegah Perubahan Iklim, RI-Belanda Mantapkan Kerja Sama Dengan Negara Pasifik

“Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan aspresiasi dan terima kasih kepada yang mulia Pak Muhaimin,” katanya.

Dalam menghadapi pandemi, kata Wang Chen, China dan Indonesia akan terus bahu membahu. Bahkan, Presiden Jokowi dan Xi Jinping sudah mencapai konsesus penting terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta hubungan bilateral kedua negara.

Baca juga : Fadel: Pembangunan Kawasan Timur Indonesia Mesti Dipercepat

China, lanjutnya, menganggap Indonesia adalah mitra dan sa­habat yang baik, serta memiliki cara pandang strategis.

“Kami ingin bersama DPR, mengimplementasikan hubungan menuju ke arah senasib sepenanggungan untuk menyejahterakan kedua negara. Serta mewujudkan kestabilan dan perkembangan regional,” cetusnya. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.