Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sumbang Lagi 245 Ribu Vaksin, Inggris Janji Tingkatkan Kerja Sama Kesehatan Dengan Kita

Jumat, 8 Oktober 2021 21:42 WIB
Kedatangan vaksin AstraZeneca sumbangan dari Inggris, di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (8/10). (Foto: Kedubes Inggris)
Kedatangan vaksin AstraZeneca sumbangan dari Inggris, di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (8/10). (Foto: Kedubes Inggris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 245 ribu dosis vaksin AstraZeneca sumbangan Pemerintah Inggris tiba di Indonesia, Jumat (8/10). Pengiriman ini adalah kelanjutan dari dukungan Inggris bagi Indonesia dalam menangani pandemi. Sebelumnya, 620 ribu dosis vaksin AstraZeneca telah tiba di Indonesia dari Inggris pada 2 Agustus 2021. Inggris juga telah mendonasikan 1,1 juta dolar AS (setara Rp 15 miliar) bagi Indonesia melalui UNICEF untuk pembelian alat-alat kesehatan, terutama ventilator.
 
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins menyatakan, negaranya berdiri bersama Indonesia dalam melawan Covid-19. Dia pun yakin, vaksin sumbangan dari Inggris akan digunakan sebaik mungkin di Indonesia sehingga dapat menyelamatkan jiwa, meningkatkan imunitas terhadap virus ini dan membantu kelanjutan kegiatan ekonomi.
 
“Donasi ini merupakan satu bagian dari kerja sama yang luas antara Inggris dan Indonesia di bidang kesehatan. Kami terus meningkatkan kerja sama kesehatan dalam jangka menengah dan jangka panjang, termasuk dalam hal-hal yang sangat penting seperti pengembangan vaksin dan pengurutan genom,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima RM.id, Jumat (8/10).
 
Owen menambahkan, Inggris dan Indonesia menghadapi pandemi secara bersama-sama. “Bersama Indonesia, kita dapat mengalahkan virus ini, membangun masa depan yang lebih sehat bagi seluruh warga kita,” tutupnya.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, dengan pengiriman ini, total Indonesia sudah menerima sumbangan dari Inggris sebanyak 865.440 dosis vaksin AstraZeneca. “Saya ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Inggris terhadap dukungan dose-sharing vaksin untuk penanganan Covid-19 di Indonesia,” ucap Retno.
 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menerima sumbangan pertama pada 2 Agustus lalu menyatakan, sangat mengapresiasi Inggris.

Baca juga : Inggris Sumbang Lagi 245 Ribu Vaksin AstraZeneca, Retno: Terima Kasih

“Donasi tersebut menunjukkan komitmen Pemerintah Inggris dalam memperkuat kemitraan kesehatan antara Indonesia dan Inggris, serta komitmen dan kepedulian kedua negara dalam menghadapi pandemi global Covid-19. Dalam situasi yang menantang ini, kerja sama dan dukungan dari semua pihak amatlah penting. Indonesia sangat mengapresiasi donasi tersebut dan berharap pandemi Covid-19 dapat berakhir sesegera mungkin,” ucap BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, waktu itu. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.