Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tunjukkan Pada Dunia Sukses Tangani Pandemi Corona

Indonesia Izinkan Konser Musik

Jumat, 1 Oktober 2021 06:20 WIB
Ilustrasi konser. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi konser. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah yakin betul, konser musik dan kegiatan berskala besar tak akan berdampak pada peningkatan kasus positif Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan tentang rencana pembukaan kegiatan berskala besar di tengah pandemi Covid-19. Kata dia, asalkan seluruh ele­men masyarakat berkomitmen menjalankan protokol kesehatan secara kolektif, kasus Covid-19 bisa dijinakkan.

“Sudah saatnya kita kembali bergerak maju memulihkan produktivitas masyarakat setelah cukup baik mengendalikan kasus,” ujar Wiku melalui kanal YouTube BNPB Indonesia.

Baca juga : Pandemi Ke Endemi Pelan Tapi Pasti

Dia menegaskan, kebijakan menggelar acara publik akan disesuaikan dengan aturan masing-masing daerah, yang ditentukan berdasarkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah.

Untuk itu, Wiku meminta Pemerintah Daerah (Pemda) jujur dan transparan me­nyampaikan perkembangan Covid-19 di masing-masing wilayahnya. Dengan begitu, kebijakan yang dilahirkan akan benar-benar sesuai kondisi riil di lapangan.

“Pemerintah baru akan memberikan izin pembukaan sektor lain apabila kondisi ka­sus di sekitar daerah penyelenggaraan acara terkendali,” ujar Ketua Dewan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) itu.

Baca juga : Toyota Indonesia Donasi Rp 1,1 M Ke PMI

“Seluruh aturan kapasitas dapat dilihat melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang dikeluarkan selama pem­berlakuan PPKM diumumkan pemerintah pusat,” tambah Adjunct Professor di bidang Infectious Disease and Global Health di Tufts University ini.

Netizen senang dengan rencana pembukaan kegiatan berskala besar di tengah pan­demi Covid-19. Setelah penantian panjang selama hampir dua tahun, netizen merasa perlu refreshing. “Pemerintah akan izinkan konser-resepsi di tengah pandemi Covid-19,” ujar @AnggaPu75955 mengulang pengumuman Pemerintah.

Akun @juno_tama mengatakan, diperbolehkannya konser skala besar di tengah pandemi Covid-19, bukti keberhasilan penanganan pan­demi. Kasus Covid-19 berhasil ditekan. “Ayo kita doa bersama, semoga pandemi Covid-19 buruan berakhir dan bisa segera konser,” ajak @Halcyoncoco.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.