Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Syaifullah Tamliha: Fit & Proper Test Andika Bakal Mulus, Tak Ada Fraksi Yang Menolak

Rabu, 3 November 2021 19:00 WIB
Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha (Foto: Instagram)
Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha memprediksi proses fit and proper test Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, akan berjalan lancar alias mulus tanpa hambatan.

Semua fraksi, baik koalisi atau oposisi, sepakat dengan sosok Andika. 

"Pelaksanaan fit and proper test tidak akan melebihi tanggal 8 November, yang merupakan masa pensiun dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Semua fraksi sepakat dengan sosok Andika. Tidak ada satu pun fraksi yang menolak," kata Tamliha dalam keterangannya, Rabu (3/11).

Baca juga : Disiplin Prokes, PON Papua Bakal Jadi Acuan Pelaksanaan Event Olahraga

Politikus PPP ini menitip pesan pada Andika, agar mampu menjadikan TNI semakin profesional dalam menjalankan tugasnya. Serta melakukan modernisasi alutsista TNI yang sudah usang.

"Ini penting, agar prajurit TNI semakin disegani di mata dunia," cetusnya.

Selain itu, Tamliha juga berharap Andika mampu menyelesaikan masalah Papua, yang saat ini terus bergejolak dengan mengepankan hak asasi manusia (HAM).

Baca juga : Kejagung Umumkan Ilham Wardhana Siregar, Tersangka Kasus Asabri Meninggal Dunia

Kendati hanya akan menjabat sebagai Panglima TNI selama 13 bulan, Tamliha yakin, Andika mampu memimpin TNI dengan profesional dan baik.

Sebab, menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono itu punya bekal pengalaman memimpin KSAD dalam waktu yang cukup lama, sejak 22 November 2018.

"Kemampuan manajerialnya sudah terasah, saat memimpin organisasi tertinggi Angkatan Darat," puji Tamliha.

Baca juga : Masih Terapi Lutut, Bek Persija Ismed Sofyan Tak Hilang Semangat

Hari ini, Surat Presiden tentang pengusulan nama Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI  telah diterima Ketua DPR Puan Maharani. Suratnya diantar langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Besok siang, Komisi I DPR akan menggelar rapat internal. Salah satu agendanya, pembahasan jadwal dan mekanisme pemberian persetujuan terhadap Calon Panglima TNI[TIF]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.