Dark/Light Mode

Maksimalkan Pengembangan Destinasi Wisata Lombok, Ini Saran Anggota DPR

Kamis, 4 November 2021 17:50 WIB
Anggota DPR M Syamsul Luthfi. (Foto: Ist)
Anggota DPR M Syamsul Luthfi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPR M Syamsul Luthfi meminta pengembangan destinasi wisata di Lombok dan Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak hanya terfokus pada Geopark Rinjani dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika saja. Tapi juga, menyentuh pembangunan terhadap desa-desa wisata yang ada di sekitar.

"Pembangunan di desa-desa wisata harus juga diprioritaskan agar tujuan dari pengembangan bisa tercapai secara maksimal. Jadi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tidak boleh hanya fokus pada Taman Bumi Rinjani dan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika saja," ujar Syamsul Luthfi dalam keterangan tertulis yang diterima RMid, Kamis (4/11).

Baca juga : Gus Muhaimin: Kalau Menterinya Nggak Mau, Saya Minta Presiden

Politisi Partai NasDem ini menilai, desa-desa wisata yang ada saat ini memiliki peran yang sangat besar dalam kemajuan pariwisata Pulau Lombok maupun di NTB.

Karena itu, Kemenparekraf patut segera menggalakkan program-program ekonomi kreatif untuk mendorong pertumbuhan pariwisata desa-desa wisata tersebut.

Baca juga : Komisi VI Surati Menko Luhut, Minta Hapus Syarat Karantina

"Coba kita lihat Bali sekarang. Begitu kerannya dibuka, Alhamdulillah, kondisi pariwisata di sana sudah mulai berangsur pulih,” tuturnya.

Anggota DPR dari dapil NTB II itu berharap, perkembangan pariwisata di NTB dan Pulau Lombok dapat bergerak ke arah lebih baik seiring mulai melandainya pandemi Covid-19.

Baca juga : Optimis Kinerja TNI Makin Oke, Gus Muhaimin Ingatkan PR Dan Tantangan Buat Andika

Terlebih, dalam waktu dekat terdapat gelaran Asia Talent Cup dan World Superbike di Sirkuit Mandalika yang akan menarik ribuan pengunjung atau wisatawan.

“Sebagai starting point kita untuk kebangkitan pariwisata di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.