Dark/Light Mode

Eks Ketua Umum Laskar Jokowi

Duet Ganjar-Puan, Diyakini Bisa Menang Pilpres 2024

Selasa, 16 November 2021 17:40 WIB
Mochtar Mohamad. [Foto: Ist]
Mochtar Mohamad. [Foto: Ist]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kader ideologis dan kader biologis Bung Karno, bisa saja berpasangan di Pilpres 2024 mendatang. Hal ini dinyatakan mantan Ketua Umum Laskar Jokowi, H Mochtar Mohamad.

Dia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan yang mengarah kepada hal tersebut. Pertama, presidential threshold (ambang batas) pencalonan presiden. Saat ini, PDI Perjuangan memiliki 128 Kursi di DPR. Sedangkan syarat mencalonkan presiden adalah 115 kursi DPR.

Baca juga : Di Papua, Jokowi Belanja Kerajinan Di Pasar Noken Taman Imbi

"Artinya PDI Perjuangan merupakan satu-satunya partai yang bisa mengusung calon presiden sendiri," ujar Mochtar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/11/2021).

Pada Pemilu 2024, lanjutnya, pemilihan presiden akan bersamaan dengan pemilihan legislatif. Efek ekor Jas Partai yang mengusung kader sebagai calon presiden atau wakil presiden, dinilai akan berpengaruh terhadap perolehan suara dan kursi di legislatif.

Baca juga : Dave Laksono Tegaskan Kosgoro 1957 Dukung Airlangga Maju Di Pilpres 2024

"Apabila pasangan ini terwujud, akan menciptakan kesolidan dari Partai PDI Perjuangan, dan kekuatan kelompok Soekarnois di luar PDI Perjuangan akan menyatu dalam pasangan ini," jelas Wali Kota Bekasi 2008-2012 ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.