Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dianggap Kobarkan Politik Kebencian

Giring Dinasihati Koalisi Dan Oposisi

Jumat, 24 Desember 2021 07:40 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha jadi bahan gunjingan. (Foto: Instagram)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha jadi bahan gunjingan. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha jadi bahan gunjingan. Penyebabnya, eks vokalis Band Nidji itu, dianggap terlalu mengobarkan politik kebencian demi menaikkan ide-ide dan kepentingan partainya, yang saat ini gagal masuk ke Senayan. Agar politik nasional lebih adem tapi berkualitas, para politisi senior baik dari kubu koalisi maupun oposisi, rame-rame kasih nasihat ke Giring.

Ada dua kalimat yang keluar dari mulut Giring, yang jadi sorotan itu. Pertama, soal ajakan jangan memilih “pemimpin bohong yang merupakan pecatan Presiden Jokowi”. Kedua, dia berjanji akan bikin gaduh Senayan jika partainya lolos ke Senayan.

Ucapan itu dilontarkan Giring di hadapan Presiden Jokowi, ketika memberikan sambutan di puncak acara HUT PSI ke-7 di Gedung Theater Jakarta, Rabu (22/12). Dalam sambutannya itu, Giring membahas soal tongkat estafet kepemimpinan nasional setelah Jokowi.

Baca juga : Rukita Berikan Hunian Gratis Kepada Milenial Aktivis Sosial

Kata dia, Indonesia akan suram jika dipimpin oleh pemimpin pembohong. Ia juga menyebut bahaya laten intoleran dan pemimpin yang mengggunakan isu SARA untuk menang di pilkada.

Dalam pidatonya itu, Giring memang tidak menyebutkan nama. Namun, berbagai pihak menyimpulkan, ucapan Giring itu diarahkan pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Karena di beberapa kesempatan termasuk di podcast-nya Deddy Corbuzier, Giring dengan tegas menyebut Anies sebagai pembohong.

Pidato Giring ini viral. Nama Giring masuk dalam trending topic di Twitter selama 2 hari ini. Mayoritas pengguna media sosial mengkritik Giring.

Baca juga : Dijagokan Lembaga Survei, Demokrat: Lecutan Semangat Berkoalisi Dengan Rakyat

Di dunia nyata, elit parpol juga ikut nasihatin Giring. Politikus Gerindra, M Taufik mempertanyakan kapasitas Giring yang berani mengklaim masa depan Indonesia bisa suram bila dipimpin oleh sosok yang pernah dipecat Presiden Jokowi.

“Kalau orang Betawi bilang, ‘die siape? pangkatnye ape?” sindir Taufik.

Namun, Taufik mengaku maklum. Menurutnya, Giring memang harus cari panggung saat ini. “Banyak-banyak bertiktok ria, harus banyak-banyak bikin konten,” sambung Taufik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.