Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perbanyak Pengguna Kendaraan Listrik

Kemenhub Dorong Damri Dan Transportasi Online

Sabtu, 13 November 2021 06:40 WIB
Ilustrasi Bus listrik. (Foto: Dok. Garuda Indonesia).
Ilustrasi Bus listrik. (Foto: Dok. Garuda Indonesia).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) makin agresif memperbanyak penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air. Di antaranya, akan mendorong angkutan umum beralih ke bahan bakar ramah lingkungan tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, tahap pertama untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik, Pemerintah menginisiasi penggunaan kendaraan dinas berbasis kendaraan listrik. Tahap kedua, nanti secara bertahap akan diterapkan untuk angkutan umum.

Baca juga : Gandeng ILUNI UI, Bank Mandiri Kembangkan Transaksi Non-Tunai

“Kami sudah mendorong aplikator transportasi online Grab, Gojek, Maxim untuk menggunakan kendaraan listrik. Berikutnya Damri akan segera me-launching penggunaan bus listrik,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Budi menyebtkan, salah satu tantangan merealisasikan target itu yakni harga kendaraan listrik yang masih cukup tinggi, terutama pada komponen baterainya.

Baca juga : Fadel Dorong Daerah Tingkatkan Komoditas Pangan

Terkait hal ini, Pemerintah mengupayakan agar harga baterai semakin terjangkau. Salah satunya dengan membangun pabrik baterai di Karawang, Jawa Barat, yang groundbreaking-nya diresmikan Presiden Joko Widodo, pada September lalu.

Selain itu, Budi mengungkapkan, pihaknya mendorong skema pembelian kendaraan bermotor tanpa baterai, yaitu dengan konsep tukar baterai atau swap baterai.

Baca juga : PLN Gaspol Bangun 67 Unit Stasiun Pengisian Setrum

Saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang bergelut di bidang tersebut. Di antaranya, PT Oyika Powered Solution dan PT Swap Energi Indonesia.

Dengan model swap baterai tersebut, lanjut Budi, nantinya pengguna dapat menuju ke minimarket terdekat yang menukar baterai yang kosong dengan yang telah terisi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.