Dark/Light Mode

Terapkan Meritrokrasi Politik

Golkar Partai Modern

Senin, 27 Desember 2021 07:20 WIB
Ketua DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno. (Foto: Antara)
Ketua DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Menurut Dave, sekalipun di setiap prosesi internal politik Partai Golkar cenderung menampilkan tensi politik tinggi, tidak akan meruntuhkannya. “Dinamika politik adalah indikator sebuah partai politik itu modern dan sehat,” ucapnya.

Sebagai partai gaek, Golkar mampu melewati peristiwa politik di internalnya dengan baik. Regenerasi kepemimpinan partai silih berganti, tapi para pimpinan partai tetap menjadi panutan dan dihormati seluruh kadernya hingga saat ini.

Baca juga : Tren Merger Operator Telko Positif Buat Konsumen Dan Pemerintah

Politisi jebolan Universitas Indonesia (UI) ini mengatakan, sudah banyak tokoh-tokoh yang muncul hasil dari demokratisasi yang berjalan di dalam Partai Golkar. Salah satunya, dalam suksesi ketua umum.

Sebelumnya, Guru Besar Universitas Islam Negeri Jakarta, Prof Azyumardi Azra menyebutkan, Partai Golkar termasuk partai modern. Parameternya, adalah eksistensi skuad partai yang diisi teknokrat dan kader dengan sistem merit atau berbasis kemampuan, dan hampir tidak terlihat ada oligarki politik.

Baca juga : PNM dan SMF Berkolaborasi Berikan Program Pembiayaan Mikro Perumahan

“Dinasti itu artinya dikuasai oleh anak cucu, dan oligarkis itu dikuasai elite politik yang terbatas. Kalau Golkar tidak. Kita bisa melihat siapa saja sebetulnya bisa menjadi pemimpin di Golkar,” ujar Azyumardi di webinar bertajuk “Dua Dasawarsa Kemenangan Golkar 2004-2024”, belum lama ini.

Bagi Azyumardi, poin-poin ini menjadi nilai tambah bagi Partai Golkar. Terutama dalam menggaet suara anak-anak muda yang kritis terhadap keberadaan politik dinasti dan oligarki di Indonesia. “Satu keunggulan yang saya kira bisa dijual dipasarkan Golkar dalam masa-masa sekarang ini adalah partai merit,” pungkasnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.