Dark/Light Mode

Survei Sigi PRC & PPI

Prabowo Capres Favorit Gerindra Girang Banget

Selasa, 28 Desember 2021 07:25 WIB
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto jadi calon presiden terfavorit. (Foto: Instagram)
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto jadi calon presiden terfavorit. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) memproyeksi sejumlah simulasi koalisi pada Pemilu 2024. Hasilnya, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto jadi calon presiden (capres) terfavorit.

Survei yang merupakan kolaborasi PRC dan PPI ini dilakukan pada 12 November hingga 4 Desember 2021. Jumlah responden 1.600 penduduk berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah. Wawancara responden dilakukan tatap muka dengan margin of error sebesar 2,5 persenpada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden tersebar secara proporsional di 34 provinsi dan 160 desa/kelurahan.

Baca juga : Hasil Survei: Mayoritas Pemilih PDIP Pilih Ganjar Pranowo Daripada Puan

Simulasi pertama, adalah koalisi antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dari simulasi pertama ini, ada lima nama yang berpotensi menjadi capres dari koalisi tersebut. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (30,4 persen), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (27,5 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (14,5 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (6,8 persen), dan Ketua DPR Puan Maharani (2,8 persen).

Baca juga : Gerindra Hanya Usung Prabowo

“Pada simulasi koalisi model 1 ini kita, pilihan publik, kalau koalisinya itu PDIP Gerindra, PAN, dan PPP, tokoh yang di­usung oleh mereka itu mutlak Prabowo,” ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno dalam konferensi pers secara daring, kemarin.

Simulasi koalisi kedua, yakni gabungan Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Baca juga : Survei IPR, Elektabilitas Prabowo Sulit Dikejar

Terdapat lima nama yang berpotensi menjadi capres dalam koalisi tersebut. Tertinggi adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (34,3 persen), Ridwan Kamil (17,8 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (10,9 persen), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (3,3 persen), dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (2,1 persen).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.