Dark/Light Mode

Survei Simulasi Pasangan Pilpres

Duet Prabowo-Puan Tak Ada Lawan

Selasa, 30 November 2021 21:20 WIB
Puan Maharani bersama Prabowo Subianto. (Foto: Antara)
Puan Maharani bersama Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duet Prabowo Subianto (Ketua Umum DPP Partai Gerindra) dan Puan Maharani (Ketua DPR), tak ada lawan. Kedua tokoh tersebut jika dipasangkan menjadi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil Presiden (cawapres) menjadi pemenang jika pemilihan presiden digelar bulan November 2021.

Temuan itu merupakan hasil survei simulasi pasangan capres-cawapres yang digelar Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap). Hasil simulasi menunjukkan pasangan capres-cawapres memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi jika capresnya Prabowo. Jika dipasangkan, Prabowo-Puan menempati urutan tertinggi yakni mendapatkan 67,7 persen. Jika Prabowo dipasangkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih 63,6 persen, Prabowo dengan Gubernur Jawa Barat Ganjar Pranowo 62,0 persen, dan Prabowo dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 58,7 persen.

Baca juga : Prabowo-Puan, Ganjar-RK, Dan Anies-AHY Pasangan Pilpres Terkuat

“Jika dibalik, Prabowo sebagai cawapres persentase keterpilihannya jauh menurun. Meskipun masih tetap menjadi pilihan utama dalam semua simulasi yang menempatkan Prabowo sebagai cawapres,” ungkap Direktur Eksekutif Lanskap Mochammad Thoha dalam keterangannya, Selasa (30/11).

Untuk tokoh lain, lanjut Thoha, jika dipasangkan masih di bawah keterpilihan Prabowo. Misalnya, Anies dengan Ganjar 48,5 persen, Anies Sandiaga Uno 46,2 persen, Anies dengan Puan 40,1 persen, Anies dengan Airlangga 38,9 persen, atau, Ganjar dengan Anies 47,1 persen, Ganjar dengan Sandi 46,7 persen, Ganjar dengan Airlangga 41,1 persen, dan Ganjar dengan Puan 39,4 persen. Kombinasi lainnya pun untuk sementara masih belum melewati perolehan elektabilitas bila Prabowo menjadi capresnya.

Baca juga : Menpora: Prestasi Olahraga Harus Dicetak, Pabriknya Adalah DBON

Untuk diketahui, Prabowo, Anies, dan Ganjar merupakan capres di peringkat tiga tertinggi teratas pilihan publik. Prabowo meraih keterpilihan 23,0 persen. Kemudian, posisi kedua, Anies 14,1 persen, dan Ganjar 13,6 persen.

Survei Lanskap ini digelar pada 11-25 November 2021, menggunakan metode multistage random sampling di 34 provinsi di Indonesia. Survei ini melibatkan 1.420 responden berusia 17 tahun ke atas dan atau sudah pernah menikah dengan margin of error lebih kurang 2,6 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.