Dark/Light Mode

Survei Polmatrix Indonesia: Prabowo Dan Ganjar Capres Terkuat

Minggu, 5 Desember 2021 12:13 WIB
Hasil survei elektabilitas Capres Polmatrix Indonesia. (Foto: Ist)
Hasil survei elektabilitas Capres Polmatrix Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Temuan survei Polmatrix Indonesia menunjukkan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo menjadi dua calon presiden paling diunggulkan. Prabowo kembali memimpin dengan elektabilitas 19,5 persen, terpaut tipis dengan Ganjar sebesar 19,2 persen.

"Prabowo dan Ganjar muncul sebagai dua capres terkuat. Namjn, Prabowo kembali unggul," ungkap Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam press release di Jakarta, Minggu (5/12).

Menurut Dendik, tren dukungan terhadap Prabowo cenderung stabil dalam setahunan terakhir. Sedangkan Ganjar terus merebut dukungan publik, dengan tren yang semakin menanjak naik.

Baca juga : PDI Perjuangan Di Puncak Klasemen, PSI Stabil

"Mengerucutnya kedua nama sebagai capres terkuat menggambarkan peta elektoral yang berpeluang menghadirkan dua poros kekuatan politik," lanjut Dendik.

Sejauh ini, Prabowo yang disokong Partai Gerindra diperkirakan bakal menggandeng koalisi dengan PDI Perjuangan. Ganjar masih harus berebut dukungan dengan sejumlah nama lain di PDI Perjuangan, khususnya Puan Maharani.

"Tetapi jika PDI Perjuangan tidak mendukung Ganjar, peluang untuk maju sebagai capres dari partai lain terbuka lebar selama tren elektabilitas Ganjar terus bergerak naik," tandas Dendik.

Baca juga : Jelang Piala AFF, Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Di Singapura

Pada urutan berikutnya adalah Anies Baswedan (10,6 persen), bersaing ketat dengan Ridwan Kamil (10,1 persen), disusul oleh Sandiaga Uno (7,5 persen).

"Jika sampai muncul tiga pasangan calon, salah satu dari ketiga nama tersebut berpeluang membangun poros ketiga," jelas Dendik.

Posisi papan tengah diduduki oleh Tri Rismaharini (4,7 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (4,2 persen), dan Erick Thohir (4,0 persen). Lalu ada Khofifah Indar Parawansa (2,6 persen) dan Giring Ganesha (2,5 persen).

Baca juga : "Wiro Sableng" Sulit Cari Tempat

Pada papan bawah terdapat Puan Maharani (1,4 persen), Mahfud MD (1,3 persen), Susi Pudjiastuti (1,2 persen), Airlangga Hartarto (1,1 persen), dan Andika Perkasa (1,0 persen). Nama-nama lain di bawah 1 persen, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 8,5 persen.

Figur-figur dengan elektabilitas rendah berpeluang maju sebagai calon wakil presiden, sebut saja Puan, AHY, dan Airlangga. Sebagai catatan, tokoh-tokoh tersebut merupakan representasi partai-partai besar yaitu PDI Perjuangan, Demokrat, dan Golkar.

Survei Polmatrix Indonesia dilakukan pada 21-30 November 2021 kepada 2.000 responden mewakili 34 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling (acak bertingkat) dengan margin of error survei sebesar ±2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.