Dark/Light Mode

Isu Migor Dipake Jualan Bos Parpol

Jumat, 11 Februari 2022 08:50 WIB
Operasi pasar minyak goreng (Foto: Antara)
Operasi pasar minyak goreng (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persoalan minyak goreng (migor) yang mahal dan langka jadi isu menarik bagi parpol untuk mendulang simpati rakyat. Isu ini pun dijadikan bahan “jualan” bos-bos parpol untuk menunjukkan kepedulian mereka kepada emak-emak, yang menjerit akibat mahal dan langkanya migor.

Setidaknya, ada empat bos parpol yang menggunakan isu migor sebagai bahan jualan. Mereka adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Baca juga : Tugu Insurance Siagakan Ambulans Gratis Untuk Pasien Omicron

Zulkifli meminta instansi terkait segera turun ke lapangan untuk mengatasi persoalan migor ini. Ia heran, setelah kebijakan harga eceran tertinggi (HET), domestic market obligation (DMO), domestic price obligation (DPO), dikeluarkan Pemerintah, minyak goreng justru langka.

Dia menegaskan, kondisi ini jelas memberatkan rakyat. Padahal, rakyat saat ini sudah terpuruk karena menghadapi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. "Pak Jokowi sudah menginstruksikan agar harga minyak goreng itu satu harga untuk rakyat. Pak Jokowi sudah dua kali perintah ini, masa nggak patuh," kata Zulkifli, di Purwokerto, Jawa Tengah, kemarin.

Baca juga : Olimpiade Musim Dingin China Jangan Didominasi Politik

Wakil Ketua MPR ini pun berharap, aparat dan instansi terkait segera menindak dugaan adanya penimbunan migor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan. "Kalau memang ada penimbunan, harus segera ditindak. (Kebijakan) ini kenapa tidak jalan," ujarnya. 

Sehari sebelum Zulkifli, Ketum PKB Muhaimin Iskandar sudah lebih dulu jualan isu migor. Saat blusukan di Pasar Bintoro, Demak, Jawa Tengah, politisi yang akrab disapa Cak Imin ini, dicurhati emak-emak dan pedagang soal migor yang masih mahal dan susah dicari. Kepada mereka, Imin berjanji tak akan tinggal diam.

Baca juga : GMPI Sesumbar PPP Lolos Abang Batas Parlemen

"Saya siap memperjuangkan aspirasi dan curhatan panjenengan," katanya, kepada emak-emak. Ia pun minta Pemerintah segera menstabilkan harga migor agar daya beli masyarakat bisa kembali normal. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu jualan sambil aksi. Akhir pekan lalu, Syaikhu membagi-bagikan migor gratis kepada warga Kayuringin, Bekasi Selatan. Kata dia, tujuan kegiatan ini untuk membantu masyarakat yang kesulitan akibat harga migor yang meroket. "Emak-emak menjerit. Mereka resah. Apalagi secara ekonomi mereka masih terdampak Wabah Covid-19," kata Syaikhu, di lokasi. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.