Dark/Light Mode

Cak Imin Usul Pemilu Ditunda

Sekjen Perindo: Presiden Jokowi Tak Tertarik 3 Periode

Jumat, 25 Februari 2022 09:16 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Ahmad Rofiq. (Foto: ist)
Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Ahmad Rofiq. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Ahmad Rofiq menyoroti pernyataan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda 1-2 tahun.

Rofiq menilai Pemilu 2024 tidak bisa ditunda, karena dalam pertemuan partai politik nonparlemen dengan Presiden Jokowi, Kepala Negara menyampaikan tidak tertarik untuk memperpanjang jabatan hingga 3 periode.

Baca juga : Perindo: Usulan Cak Imin Tidak Mungkin Terjadi

"Statement Cak Imin ini menjadi tidak mungkin terjadi, karena pada saat Presiden bertemu dengan partai nonparlemen, waktu itu saya ikut hadir langsung dan mendengar statement Presiden dengan tegas menyatakan sama sekali tidak tertarik untuk memperpanjang jabatannya atau menambah masa jabatan Presiden menjadi 3 periode. Mungkin ini maunya Cak Imin saja," kata Rofiq, Jumat (25/2).

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan dengan para Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal parpol koalisi nonparlemen di Istana Kepresidenen pada Rabu (1/9/2021) lalu. Menurut Rofiq, sikap Jokowi menolak untuk menambah masa jabatan Presiden menjadi 3 periode, tentu bijaksana sekaligus memberikan kesempatan kepada generasi mendatang untuk menjadi calon presiden di Pemilu 2024.

Baca juga : Imin Gegerkan Jagat Politik

"Saya rasa ketegasan Pak Jokowi untuk menolak penambahan periodesasi dan masa jabatan adalah sangat bijaksana. Beliau tidak mau memberi contoh yang tidak baik untuk generasi mendatang. Ini menunjukkan Presiden adalah Demokrat sejati," ujar Rofiq.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB yang juga Wakil Ketua DPR ini mengusulkan gelaran Pemilu 2024 diundur selama satu sampai dua tahun berikutnya.

Baca juga : KPK Tetapkan Eks Pejabat Ditjen Pajak Angin Prayitno Tersangka Pencucian Uang

"Oleh karena itu, dari seluruh masukan itu saya mengusulkan Pemilu tahun 2024 ditunda satu atau dua tahun agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang, dan kemudian tidak terjadi freeze untuk mengganti stagnasi selama dua tahun masa pandemi. Ya setahunlah, dua tahun maksimal," ujar Cak Imin kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/2). [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.