Dark/Light Mode

Dapil I Provinsi Jawa Tengah

PKB Usung Putra Kiai, PPP Usung Senator

Sabtu, 15 Desember 2018 14:17 WIB
Akhmad Muqowam, caleg dari PPP (kiri) dan Tuty N Roosdiono , caleg dari PDIP (kanan)
Akhmad Muqowam, caleg dari PPP (kiri) dan Tuty N Roosdiono , caleg dari PDIP (kanan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan I Jawa Tengah jadi ajang petahana atau incumbent mempertahankan kursi. Tapi, salah satu senator atau Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) anggap biasa saja lawan petahana.

Berdasarkan data KPU, Dapil I Jawa Tengah (Jateng) diikuti 102 caleg. Mereka akan memperebutkan 8 kursi DPR. Di antara ratusan caleg, ada 7 petahana atau incumbent maju lagi di dapil dengan cakupan Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Kendal ini.

Baca juga : Dengan Berkarya, Titiek Soeharto Melawan Kekuatan Golkar

Satu-satunya petahana tidak muncul lagi di dapil ini adalah politisi Partai Demokrat, Agus Hermanto. Dalam pileg ini dia tidak mencalonkan diri. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mencalonkan caleg petahana Alamudin Dimyati Rois dengan nomor urut 1. Saat Pileg 2014, putra KH Dimyati Rois ini, berhasil merebut 82.221 suara.

Partai Gerindra juga menjagokan petahana yang juga artis dan penyanyi Jamal Mirdad. Mantan suami artis Lyidia Kandou ini mendapatkan nomor urut 2. PDI Perjuangan pun tak kalah garang. Dua petahana kembali dijagokan untuk merebut kursi DPR. Yakni Juliari P Batubara dan Tuty N Roosdiono. Juliari dapat nomor urut 1 dan Tuty nomor urut 2.

Baca juga : Anton Wajah Baru, Ferdi Wajah Lama

Partai Golkar juga menurunkan petahana, Mujib Rohmat. Saat ini, Mujib adalah anggota Komisi X DPR. Partai Nasdem kembali jual petahana Fadholi. Sementara, PANmendapuk incumbent sekaligus mantan atlet tenis, Yayuk Basuki.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.