Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil Provinsi Yogyakarta

Dengan Berkarya, Titiek Soeharto Melawan Kekuatan Golkar

Jumat, 14 Desember 2018 10:17 WIB
Hanafi Rais (kiri) caleg dari PAN, Titiek Soeharto (tengah) caleg dari Partai Berkarya dan Mohammad Idham Samawi (kanan) caleg dari PDIP
Hanafi Rais (kiri) caleg dari PAN, Titiek Soeharto (tengah) caleg dari Partai Berkarya dan Mohammad Idham Samawi (kanan) caleg dari PDIP

RM.id  Rakyat Merdeka - Persaingan ketat antar caleg DPR akan tersaji di Dapil  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sejumlah petahana,  anak mantan Presiden dan mantan kepala daerah saling berhadapan. Berdasarkan data KPU, Provinsi DIY yang berpenduduk 3 juta jiwa ini hanya menyediakan 8 kursi DPR. 

Baca juga : Petahana Ditantang Ratu Tarling Dan Pelawak

Sebanyak 102 caleg DPR akan bertarung di dapil dengancakupan Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman dan Kota Yogyakarta. Sejumlah tokoh, mulai dari anakmantan Presiden, petahana,ekskepala daerah hingga public figure bakal bertarung di dapil ini.  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali menurunkan caleg patahana atau incumbent Agus Sulistiyono di nomor urut 1. Pada Pemilu 2014, Agus ber¬hasil jadi anggota DPRsetelah memperoleh 51.045 suara.

Baca juga : Arena Pertarungan 9 Petahana

Partai Gerindra juga tak mau kalah. Partai besutan Prabowo Subianto ini menaruh pertahana Andika Pandu Puragabaya. Andika Pandu adalah anak mantan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dan terpilih jadi anggota DPR pada Pemilu 2014. Andika Pandu memperoleh 72.290 suara. Nantinya, Pandu akan bekerjasama dengan caleg separtainya Danang Wicaksana. Diketahui, Danang adalah mantan Wakil Bupati Sleman.

Baca juga : Bawaslu: Politisasi Dana Bantuan Kejahatan Serius

PDIP  tak kalah gahar. Partai banteng moncong putih ini menurunkan dua petahana. Yakni mantan Bupati Bantul Mohammad Idham Samawi dengan nomor urut 1 dan Esti Wijayati dengan nomor urut 3. Saat ini, Esti adalah anggota Komisi X DPR. Kedua petahana ini akan ditemani caleg artis Katon Bagaskara. Vokalis grup band Kla Project ini didapuk di nomor urut 4.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.