Dark/Light Mode

Bantu UMKM, Pengamat: Puan Capres Potensial 2024

Senin, 28 Maret 2022 14:03 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani

RM.id  Rakyat Merdeka - Program bantuan pelatihan digital bagi  Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang digaungkan oleh Ketua DPR, Puan Maharani di Sukoharjo, Jawa Tengah, merupakan bentuk kepedulian pada pelaku usaha kecil di tengah pandemi Covid-19 

Lembaga Kajian Institute of Developing Indonesian Economy (IDEA) menilai, kepedulian Puan pada sektor UMKM dapat  berpotensi menjadi calon presiden (capres) potensial di  Pemilu 2024.

Baca juga : Angkasa Pura I Raih Penghargaan Di PR Indonesia Award 2022

Pengamat ekonomi IDEA, Candra Surya Utama mengungkapkan, jumlah UMKM di Indonesia saat ini kurang lebih sebesar 64 juta. Ini merupakan jumlah besar jika dikonversi sebagai pemilih di Pilpres 2024.

"Saya lihat Puan serius serta peduli pada suara dan kebutuhan pelaku UMKM. Pemilih UMKM sangat berpotensi memilihnya di Pilpres 2024," ujarnya Senin (28/3).

Baca juga : KAI Borong 5 Penghargaan Di Ajang PR Indonesia Awards 2022

Di sisi lain, Candra juga menyinggung citra Puan yang sudah sangat lekat dengan rakyat cilik. Puan dan PDI Perjuangan selama ini dilihatnya sebagai partai yang memposisikan diri untuk masuk dan menggarap suara di segmen pemilih rakyat kecil. “Ini jelas menambah dan memperkokoh citra Puan yang identik dengan rakyat kecil,”imbuhnya.

Candra menyatakan, saat berbicara tentang UMKM, mau tak mau pasti berhubungan erat dengan rakyat kecil. Tentu menjadi wajar jika pemilih UMKM punya potensi besar untuk memilih Puan. Karena memang Puan sejak awal sudah akrab dengan konstituen ini.

Baca juga : Kantongi Tiket Capres, PDIP Makin Jos Di 2024

Apalagi, ujarnya, Pemilu masih 2 tahun lagi. Artinya Puan masih punya waktu untuk serius dan fokus menggarap pemilih UMKM.  "Tinggal nanti program bantuan untuk UMKM dilakukan masif dan berkesinambungan. Kalau ini dilakukan, saya yakin suara UMKM akan memilih Puan di 2024," tegasnya.

Sebagai informasi, Puan memiliki program pendampingan digital yang dilakukan bagi komunitas pengusaha jamu di Sukoharjo, Jawa Tengah. Ketua umum Laskar Jamu Gendong Indonesia, Lasmi, bahkan mengapresiasi positif program Puan. Ini karena signifikan meningkatkan penjualan mereka. Selain itu membuat mereka dapat memasarkan produk jamu ke daerah luas se-Indonesia. [MFA] 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.