Dark/Light Mode

Survei IPS: Elektabilitas Gerindra Melonjak, Karena Pemilih Loyal Prabowo

Senin, 28 Maret 2022 23:02 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Dok. Gerindra)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Dok. Gerindra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indonesia Polling Stations (IPS) menunjukkan, elektabilitas Partai Gerindra meningkat signifikan dibanding perolehan suara pada Pemilu 2019. Peneliti IPS Alfin Sugianto menyebut, peningkatan ini karena pemilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang loyal.

"Saat ini, berdasarkan survei IPS, elektabilitas Partai Gerindra mencapai 16,5 persen atau meningkat sekitar 4 persen dari perolehan suaranya pada Pemilu 2019," kata Alfin, seperti dikutip Antara, Senin (28/3).

Baca juga : Survei IPS: Gerindra Melejit, Prabowo Kian Tak Terkejar

Alfin menyebutkan, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan elektabilitas Partai Gerindra yang cukup signifikan adalah masih tetap loyalnya para pemilih Prabowo untuk memilih Partai Gerindra. Menurut dia, jika tren positif tersebut bisa dijaga, bukan tidak mungkin Partai Gerindra akan bersaing ketat dengan PDIP dalam memperebutkan posisi puncak pada Pemilu 2024.

"Sementara itu, elektabilitas PDI Perjuangan masih tertinggi sebesar 20,9 persen. Di urutan selanjutnya ada Partai Golkar 11,4 persen, Partai Demokrat 8,3 persen, PKS 7,7 persen, dan PKB 7,1 persen," paparnya.

Baca juga : Menpora Cek Kelengkapan Fasilitas Olahraga Istana Kepresidenan Yogyakarta

Selain itu, Alfin menjelaskan, untuk kandidat Capres 2024, elektabilitas Prabowo di urutan pertama mencapai 27,4 persen. Urutan kedua diduduki Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 18,9 persen. Sedangkan urutan ketiga dipegang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 15,9 persen.

Menurut dia, meskipun berbagai kemungkinan bisa terjadi, melihat tren elektabilitas Prabowo yang stabil dalam 1,5 tahun terakhir, peluang Menteri Pertahanan tersebut menjadi presiden terbuka lebar.

Baca juga : Survei BI: Permintaan Dan Penawaran Pembiayaan Korporasi Naik

Survei IPS ini dilakukan pada 8-18 Maret 2022 dengan responden sebanyak 1.220 orang yang tersebar di 34 provinsi. Margin of error survei ini plus minus 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei tersebut menggunakan teknik pengambilan sampel secara probability dengan teknik acak bertingkat. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.