Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Waketum, Ferry Kurnia Bawa Energi Positif Buat Partai Perindo

Rabu, 30 Maret 2022 17:15 WIB
Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (kiri) saat mengenalkan Ferry Kurnia Rizkiyansyah sebagai Wakil Ketua Umum Perindo bidang Pemilu, Jumat lalu. (Foto: ist)
Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (kiri) saat mengenalkan Ferry Kurnia Rizkiyansyah sebagai Wakil Ketua Umum Perindo bidang Pemilu, Jumat lalu. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Hary Tanoesoedibjo resmi menunjuk eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Perindo, Jumat (25/3) lalu. Penunjukan ini akan memberikan energi positif bagi partai.

Didapuknya Ferry menjadi Waketum dinilai merupakan langkah tepat dan modal besar bagi Partai Perindo menuju Senayan dalam menghadapi pertarungan Pemilu 2024. "Penunjukan Ferry Kurnia Rizkiyansyah sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo sudah tepat," kata Pengamat Politik Citra Institute Yusa’ Farchan di Jakarta, Rabu (30/3).

Menurutnya, dalam sistem kepartaian yang kompetitif, Partai Perindo membutuhkan orang-orang yang memiliki kapasitas dan kompetensi memadai. “Pengalaman Kang Ferry sebagai mantan Komisioner KPU saya kira akan menjadi modal besar Partai Perindo, terutama dalam menguasai medan pertarungan Pemilu yang kompetitif," ungkap Dosen FISIP UHAMKA Jakarta ini.

Dia menuturkan saat ini ada dua tantangan besar dan problematika mendasar partai politik. Pertama, problematika parpol sebagai institusi yang menjadi pilar utama sistem demokrasi perwakilan. Kedua, problematika sistem kepartaian terkait dengan kapasitas parpol dalam mendukung kinerja sistem demokrasi presidensial. 

Baca juga : Diangkat Jadi Waketum Perindo, Ini Tugas Ferry Kurnia

"Nah orang-orang seperti Ferry, saya kira sangat dibutuhkan dalam membangun ekosistem kepartaian, terutama dalam menunjang dan menghadirkan kepemimpinan institusional-demokratis," tegas Yusa.

Dia memberikan, catatan bahwa kehadiran parpol tidak otomatis menghadirkan sistem yang demokratis pula. Hanya parpol yang melembaga atau terinstitusionalisasi di dalam sistem kepartaian yang kompetitif yang bisa menghadirkan sistem demokrasi yang sehat dan terkonsolidasi. 

"Penunjukan Ferry saya kira bisa menjadi energi positif bagi Partai Perindo, salah satunya bagaimana menghadirkan model rekrutmen kepemimpinan politik yang transparan, akuntabel dan demokratis melalui gagasan Konvensi Rakyat yang saat ini sedang dilakukan," bebernya.

Menurutnya, pengalaman Ferry sebagai penyelenggara pemilu bisa disinergikan dengan tugas-tugas kepartaian di bidang kepemiluan, teritorial, strategi pencalegan, manajemen kampanye, rekrutmen dan pelatihan saksi serta sengketa Pemilu.

Baca juga : Hary Tanoe Angkat Ferry Kurnia Rizkiyansah Jadi Waketum Perindo

Pasalnya, penguasaan parpol terhadap medan pertarungan merupakan syarat mutlak untuk memenangkan pemilu. "Penunjukan Ferry sebagai Wakil Ketua Umum, tentu bisa membantu Partai Perindo salah satunya bagaimana mengidentifikasi dapil-dapil prioritas dan potensial yang harus dimenangkan," imbuhnya.

Persoalan lain bagi parpol adalah problem basis sosial. Sebagian besar parpol adalah partai massa yang bersifat catch-all, dalam pengertian tidak memiliki basis sosial yang jelas dan spesifik. 

"Dalam konteks ini, Ferry saya kira bisa turut mengurai, membangun dan melembagakan model kepartaian berbasis sistem kaderisasi yang inklusif dan berkelanjutan agar Partai Perindo memiliki segmen pemilih yang jelas," jelas Yusa'.

Ke depan, Yusa' berharap Partai Perindo harus lebih agresif lagi merekrut tokoh-tokoh potensial yang memiliki integritas, pengaruh dan kapasitas memadai dalam memenangi Pemilu. "Kalau Partai Perindo konsisten, saya kira peluang untuk lolos parlemen sangat besar," tegas Yusa'.

Baca juga : Gus Jazil Ajak Kades Se-Bawean Kembangkan Potensi Daerah

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menunjuk Ferry Kurnia Rizkiyansyah menjadi Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Bidang Pemilu. Tugas Ferry mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan kemenangan Partai Perindo di Pemilu 2024, mulai dari teritorial, strategi pencalegan, kampanye hingga saksi. 

"Ini tugas yang besar. Organisasinya harus diperbesar, diperkuat dengan ketua-ketua dan jajaran di bawahnya yang nanti fokus. Teamwork-nya juga tentunya harus dimaksimalkan, bisa bekerja sama, saling melengkapi," kata Hary Tanoesoedibjo. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.