Dark/Light Mode

Prabowo Belum Kasih Ucapan Selamat Kepada Jokowi-Maruf

Politisi PDIP Maklum

Minggu, 30 Juni 2019 07:28 WIB
Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan). (Foto: Istimewa).
Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sikap Prabowo Subianto yang belum mengucapkan selamat kepada Jokowi-Ma’ruf terus mengundang spekulasi. Meski demikian, PDIP memahami dan memaklumi kondisi yang dialami Prabowo.

“Saya memahami kondisi Gerindra sebagai lokomotif koalisi, banyak massa, kepentingan dan ideologi yang dibawa, sehingga sulit untuk belok-belok,” ujar politisi PDIP Arteria Dahlan di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, kemarin.

Menurutnya, dalam kontestasi Pemilu 2019 yang berjalan serentak ini merupakan pengalaman yang harus diperhitungkan. Arteria juga melihat setiap jalan yang ditempuh Prabowo dan partainya akan berpengaruh kepada partai koalisi yang membelenggunya.

Baca juga : Sahabat Baik Jokowi Sungguh Tak Tahu Diri

“Buktinya, main sudah kencang tapi yang untung justru PKS, mereka harus hati-hati dan saya hanya memahami suasana kebatinannya,” ujarnya.

Jokowi juga disebutkan telah membuka ruang yang sebesar-besarnya untuk membuka jembatan pertemuan dengan capres 02 tersebut. Hal itu sudah dilakukan selepas pemungutan suara 17 April lalu.

“Begitu selesai pemungutan tanggal 17 April Pak Jokowi itu kan langsung membuka ruang yang menerobos sekat dan membangun jembatan sehingga apa ingin semata-mata membuktikan ini proses pemilu demokratis apapun yang kita lakukan bersama-sama dan saling bahu membahu membangun bangsa,” sebutnya.

Baca juga : Golkar Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

Dari hal ini, dia yakin Prabowo pasti akan menunjukkan sikap kenegarawanan sebagaimana Jokowi melihatnya sebagai seorang senior.

“Saya kira Pak Prabowo masih menunggu waktu untuk menunjukkan sikap yang hangat, saya yakin keduanya adalah sahabat dan negarawan. Pak Jokowi selama ini juga tak pernah memandang Pak Prabowo sebagai lawan tapi justru sebagai senior,” pungkasnya.

Wasekjen Partai Gerindra Andre Rosiade sebelumnya mengungkapkan alasan Prabowo yang belum menyampaikan ucapan selamat. Menurutnya, nanti mantan Danjen Kopassus itu akan menyampaikan secara langsung kepada Jokowi.

Baca juga : Prabowo Kalah, Sangat Kecewa Tapi Tetap Setia

“Kalau ucapan selamat, mungkin nanti lah ya disampaikan Pak Prabowo. Ya mungkin saja disampaikan langsung. Yang pasti kita sudah menghormati putusan MK,” kata Andre, Jum’at (28/6). [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.