Dark/Light Mode

Seluruh Penumpang Selamat

Selesai, Proses Evakuasi KMP Swarna Cakra

Minggu, 26 Mei 2019 16:52 WIB
Evakuasi KMP Swarna Cakra rute Lombok-Bali (Foto: Dok. Basarnas Denpasar)
Evakuasi KMP Swarna Cakra rute Lombok-Bali (Foto: Dok. Basarnas Denpasar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Proses evakuasi KMP Swarna Cakra, yang kandas saat berlayar menuju Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali akhirnya selesai.

Seluruh penumpang yang berjumlah 194 orang berhasil diselamatkan. 194 penumpang selamat itu terdiri dari penumpang 163 dewasa, 21 anak-anak, 1 bayi dengan 21 kru kapal.

Baca juga : Sukses Gelar Pemilu 2019, Jokowi Terima Ucapan Selamat Dari PM Inggris dan Australia

"Proses evakuasi berlangsung sekitar 5 jam lebih. Semua penumpang dan ABK berhasil dievakuasi sekitar pukul 12.45 WITA," kata Kepala Kantor SAR Denpasar Hari Adi kepada wartawan, Minggu (26/5).

Belum diketahui penyebab kandasnya kapal berpenumpang 194 orang itu. Diduga, sebelum memasuki pelabuhan, kapal terbawa arus di perairan dangkal dan kandas. "Selanjutnya kapal sudah bisa ditarik menuju dermaga oleh Tug Boat Pertamina depo Manggis," jelas Hari Adi.

Baca juga : Bisnis Transportasi Dan Pariwisata Kedodoran

Terpisah, Kepala Seksi Operasi Basarnas Bali, I. B Surya Wirawan mengatakan Basarnas mengerahkan 2 buah Rigid Inflatable Boat (RIB) dibantu beberapa speed boat dan perahu nelayan untuk proses evakuasi ini. Saat ini, seluruh penumpang sudah dikumpulkan di ruang tunggu Pelabuhan Padangbai. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.