Dewan Pers

Dark/Light Mode

Juara Di Survei Capres

Ganjar Mimpikan Lirikan Megawati

Sabtu, 14 Mei 2022 06:15 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski sering menjuarai survei Capres, nasib Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 belum jelas. Gubernur Jawa Tengah itu belum pasti mendapat tiket dari partainya, PDIP. Satu-satunya mimpi Ganjar adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal meliriknya.

Belakangan, Ganjar kian sering menjuarai survei elektabilitas Capres. Dia mengalahkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam survei teranyar yang dirilis Indikator Politik Indonesia (IPI) 26 April lalu, elektabilitas Ganjar mencapai 26,7 persen. Unggul 2,8 persen dari Prabowo di urutan 2 dengan torehan 23,9 persen. Lalu Anies di peringkat ketiga dengan 19,4 persen.

Berita Terkait : Presiden Yoon Sanjung Kontribusi Megawati

Sehari sebelum survei Indikator dirilis, Charta Politika sudah lebih dulu mengumumkan Ganjar sebagai juara. Elektabilitasnya 29,2 persen. Sementara Prabowo 23 persen, Anies 20,2 persen.

Bahkan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) sudah merilis kemenangan Ganjar sejak 7 April 2022. Dari temuan survei mereka periode 13-20 Maret 2022, urutan pemenangnya sama dengan IPI dan Charta Politika. Ganjar di ranking pertama mencatatkan elektabilitas 18,1 persen. Unggul tipis dari Prabowo 17,6 persen, lalu posisi ketiga Anies 14,4 persen.

Awal Maret 2022, survei Parameter Politik Indonesia juga telah menobatkan Ganjar sebagai kandidat presiden terfavorit dari 11 tokoh nasional yang selama ini malang melintang di survei capres.

Berita Terkait : Usai Lebaran, Sahabat Ganjar Banjir Dukungan Menangkan GP Di Pilpres 2024

Skornya 7,51. Disusul Anies 7,32, Sandiaga Salahuddin Uno 7,2 persen, Ridwan Kamil 7,14 persen, Erick Thohir 6,88 persen, Prabowo Subianto 6,85 persen, Andika Perkasa 6,69 persen, Muhaimin Iskandar 6,54 persen, Airlangga Hartarto 6,41 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 6,31 persen, dan Puan Maharani 5,8 persen.

Tapi, rentetan catatan mentereng itu belum membuat PDIP bergeming menjatuhkan dukungannya kepada Ganjar untuk maju di Pilpres 2024. PDIP lebih condong mendukung Puan Maharani maju Pilpres.

Bahkan, beberapa elit Banteng juga mulai menyerang Ganjar yang terlalu kegeeran bisa menang Pilpres bermodalkan hasil survei. Hubungan Ganjar dan PDIP pun makin menjauh. Ganjar pun mulai bergerak sendiri keliling daerah.

Berita Terkait : Ganjar Undang Guru SD-nya Yang Dikabarkan Meninggal

Kunci siapa yang akan dimajukan PDIP pada Pilpres 2024 ada di tangan Megawati. Namun, sampai saat ini, Megawati belum memutuskan siapa yang akan dimajukan PDIP.
 Selanjutnya