Dark/Light Mode

Soal Kursi Menteri

Ma’ruf: Jokowi Pasti Minta Masukan Saya

Rabu, 3 Juli 2019 06:15 WIB
Presiden dan Wapres terpilih Jokowi dan KH. Maruf Amin saat menghadiri putusan Sidang Pleno KPU, Minggu (30/6). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).
Presiden dan Wapres terpilih Jokowi dan KH. Maruf Amin saat menghadiri putusan Sidang Pleno KPU, Minggu (30/6). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).

 Sebelumnya 
Terpisah, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan tak mau bicara soal komposisi kabinet. “Tanya presiden saja,” ucapnya, sembari tertawa.

Luhut sendiri menyatakan tak tahu apakah dirinya akan dipakai lagi atau tidak dalam kabinet mendatang. Sepanjang dia menjadi menteri, Jokowi tak pernah kasih tahu sebelumnya.

“Saya tiga kali menjabat menteri, biasanya sehari sebelum pelantikan ditelepon presiden. Besoknya sudah dilantik. Jadi saya tidak tahu,” tegasnya saat ditemui di acara Coffee Morning di Ruang Rapat Lantai 4, Kantor Kementerian Kemaritiman, kemarin.

Baca juga : Sabam Sirait: Jokowi Negarawan yang Bisa Persatukan Indonesia

Dia juga mengatakan, nama-nama calon menteri yang beredar tidak dapat dipastikan kebenarannya. Termasuk juga dirinya yang digadang-gadang sebagai Menteri Koordinasi Politik, Hukum dan HAM.

“Tanya saya yang lain saja. Kalau soal menteri, saya tidak mau jawab,” ucapnya. Tapi, jika dipercaya kembali membantu Presiden Jokowi lima tahun lagi, Luhut menyatakan siap.

“Kalau saya ditanya maunya apa sebagai menteri, ya banyak. Tapi itu nanti saya jelaskan kepresiden saja,” tandasnya.

Baca juga : Bursa Kursi Menteri, NU Merasa Berkeringat

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengamini, hingga kemarin, Presiden belum menyusun kabinet. Dia meminta masyarakat tak perlu menanggapi beragam informasi yang beredar di media sosial. “Itu namanya isu, ‘kan setiap minggu berganti,” katanya, saat ditemui di Kantor KSP, kemarin.

Mantan Panglima TNI itu juga mengatakan tidak ada tim khusus dalam penyusunan kabinet, karena hal itu merupakan hak prerogatif presiden.

Sebelumnya, beredar di situs jejaring sosial Youtube dan media sosial lain yang menyebutkan sejumlah nama menteri yang akan menduduki posisi di Kabinet Jilid II Jokowi. Nama-nama tersebut di antaranya Sri Mulyani, Luhut Binsar Pandjaitan, Grace Natalie bahkan Sandiaga Uno. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.