Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemilu 2024, KPU Tetap Gunakan Kardus Sebagai Kotak Suara

Rabu, 18 Mei 2022 18:04 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri bersama  Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Pimpinan Partai Politik, menandatangani fakta Integritas pada acara Executive Briefing Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu, di Gedung Juang KPK, Merah Putih, Jakarta, Rabu, (18/5). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Ketua KPK Firli Bahuri bersama Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Pimpinan Partai Politik, menandatangani fakta Integritas pada acara Executive Briefing Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu, di Gedung Juang KPK, Merah Putih, Jakarta, Rabu, (18/5). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan akan tetap menggunakan kotak suara berbahan kardus dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebab, efisiensi kotak kardus lebih baik dibanding material lain.

"Masih digunakan, saya pastikan masih digunakan," ujar Ketua KPU Hasyim Ashari di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/5).

Baca juga : Sambut Liga 1, Alfredo Vera Mulai Fokus Benahi Taktik Skuad Persita

Hasyim mengatakan, kotak suara bakal sulit diolah jika menggunakan material lain. Soalnya, kotak suara bakal dibongkar pasang selama Pemilu berlangsung.

Penggunaan kotak kardus juga diyakini bisa menghemat pengeluaran negara. Lalu, penggunaan material kardus juga meminimalisir kemungkinan pencurian.

Baca juga : Gempa M5,4 Getarkan Buru Selatan, Tak Berpotensi Tsunami

"Karena bahan aluminium itu kalau bahasa Jawanya itu cemolong, cemolong itu mendorong orang untuk nyolong, karena nilai ekonominya kan ada," selorohnya. 

Kotak suara kardus yang dipakai juga tidak sembarangan. Kardus yang dipakai dipastikan bakal kedap dari air. Kardus bekas kotak suara juga mudah dilelang usai Pemilu selesai. Pemasukan ke negara diyakini bisa lebih maksimal dengan penggunaan kotak kardus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.