Dark/Light Mode

Hasil Survei IDM

Paling Siap Nyapres: Airlangga Dari Tokoh Sipil, Dudung Mewakili Militer

Senin, 30 Mei 2022 17:12 WIB
Menko Perekonomian/Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) dan KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman, dinilai siap nyapres berdasarkan hasil riset Indonesia Development Monitoring. (Foto: Istimewa)
Menko Perekonomian/Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) dan KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman, dinilai siap nyapres berdasarkan hasil riset Indonesia Development Monitoring. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil riset Indonesia Development Monitoring (IDM) berjudul Potret Suara Masyarakat Jelang Pemilu 2024 yang dirilis hari ini, Senin (30/5), menempatkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Ketua Umum Partai Golkar di peringkat teratas tokoh sipil yang paling siap nyapres, dengan angka 27,9 persen.

Disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 12,2 persen, Ketua DPR Puan Maharani 8,4 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 7,4 persen, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 6,4 persen.

Di belakang Anies, Ketua DPD RI La Nyalla Mataliti membuntuti dengan angka 3,8 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 3,2 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 2,1 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir 1,2 persen. Yang tidak memilih, berjumlah 27,4 persen.

Baca juga : Survei Capres 2024: Airlangga Dan Andika Paling Joss

Terkait hal ini, Direktur Eksekutif IDM Fahmi Hafel mengatakan, tingginya elektabilitas Airlangga linier dengan kepuasan masyarakat terhadap kinerja perekonomian nasional pasca dihantam pandemi Covid, yang mencapai 87,9 persen.

Faktanya saat ini, ekonomi berangsur pulih dan berhasil tumbuh hingga 5,1 persen.

"Masyarakat banyak menikmati kebijakan-kebijakan ekonomi yang dibuat Airlangga sebagai Menko Perekonomian, yang memang punya tanggung jawab untuk memulihkan perekonomian," jelas Fahmi dalam keterangannya, Senin (30/5).

Baca juga : Di Antara 4 Menteri Yang Digadang Nyapres, Airlangga Paling Mengkilap

Mengingat Golkar telah menetapkan Airlangga sebagai capres, Fahmi menilai, peluang Airlangga berlaga di Pilpres 2024 sudah 99 persen. 

"Apalagi, saat ini sudah ada Koalisi Indonesia Bersatu yang digagas Golkar bersama PPP dan PAN," imbuhnya.

Dari kalangan militer, nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurrachman berhasil meraih dukungan publik tertinggi untuk nyapres, dengan angka 20,3 persen. 

Baca juga : Kapolri: Kita Kehilangan Tokoh Dan Bapak Bangsa

Diikuti Prabowo Subianto 15,2 persen, Gatot Nurmantyo 12,2 persen, Budi Gunawan 9,1 persen, Andika Perkasa 8,2 persen, Moeldoko 4,4 persen Agus Harimurti Yudhoyono 4,2 persen, dan Tito Karnavian 2,2 persen. Yang tidak menjatuhkan pilihan, ada 24,2 persen.

Survei IDM yang dilakukan pada 6-20 Mei 2022, melibatkan 2.100 responden yang tersebar di 34 provinsi di 489 kabupaten atau kota.

Survei yang dijalankan dengan metode random sampling ini menggunakan margin of error ±2,14 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.