Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalankan Instruksi DPP

Parpol Di Aceh Barat Bentuk Koalisi Tingkat Kabupaten...

Selasa, 7 Juni 2022 07:45 WIB
Ketua DPD Partai Golkar, Said Rizki Saifan (tengah), Ketua DPC PPP Tgk H Mawardi Basya (kiri), dan Ketua DPC PAN Teuku Alaidinsyah usai pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Abudel, kawasan Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. (Foto: AJNN)
Ketua DPD Partai Golkar, Said Rizki Saifan (tengah), Ketua DPC PPP Tgk H Mawardi Basya (kiri), dan Ketua DPC PAN Teuku Alaidinsyah usai pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Abudel, kawasan Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. (Foto: AJNN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Indonesia Bersatu terus merambah ke sejumlah daerah. Kemarin, tiga partai politik (parpol) dalam koalisi tersebut, yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kabupaten Aceh Barat membentuk koalisi, menghadapi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2024.

Pertemuan bertajuk Koalisi Indonesia Bersatu itu, berlangsung di Abudel, kawasan Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Masing-masing ketua partai tingkat kabupaten hadir, yakni Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar, Said Rizki Saifan, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Tgk H Mawardi Basya, dan Ketua DPC PAN Teuku Alaidinsyah.

Menurut Ketua DPC PAN Aceh Barat, Teuku Alaidinsyah, sesuai intruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP), pengurus partai di daerah harus melakukan koalisi. Namun, ini hanya untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga : PPPOMN Terus Tingkatkan Kualitas Layanan

“Kami belum mendapat arahan untuk melakukan koalisi pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) mendatang,” katanya, kepada wartawan usai pertemuan, kemarin.

Ditanya soal wacana pengusungan dirinya sebagai bakal calon Bupati Aceh Barat, Alaidinsyah mengatakan, KIB yang ada di Kabupaten Aceh Barat belum sampai ke tahap itu. Sebab, kata dia, instruksi tentang koalisi tersebut hanya untuk Pilpres. Soal siapa calon kepala daerah, akan dibicarakan berikutnya.

“Belum. Kami belum bicarakan tentang calon. Soal siapa kandidat yang akan diusung, kita lihat nanti,” tegas dia.

Baca juga : Ganjar Kucurkan Rp 20 M Dana Parpol Untuk 9 Partai Di Jateng

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Aceh Barat, Said Rizki Saifan mengatakan, koalisi partai di daerah merupakan respon atas pertemuan para petinggi partai di tingkat pusat. Karenanya, jajaran pengurus partai di tingkat daerah juga melakukan koalisi, sesuai instruksi DPP.

“Dalam pertemuan tadi (kemarin, red), kami belum berbicara soal politik yang terlalu jauh. Momen ini merupakan bentuk silaturahmi,” ungkap Said.

Soal kesepakatan atau deal-deal politik, lanjut dia, akan diputuskan pada pertemuan-pertemuan selanjutnya. “Yang pasti, pembentukan koalisi partai di tingkat daerah sudah telaksana,” tegas dia.

Baca juga : Wakil Bupati Subang: Produksi Padi Di Bawah Komando Mentan SYL Terus Meningkat

Sekadar informasi, selain para ketua partai tingkat kabupaten, pertemuan itu juga dihadiri sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari masing-masing partai. Dalam pertemuan itu, para petinggi partai di Aceh Barat juga mendiskusikan perkembangan daerah dan langkah yang akan ditangani oleh para anggota yang sudah duduk di kursi Dewan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.