Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Didesak Kadernya Deklarasi

Prabowo Sepertinya Ragu Mau Nyapres

Senin, 13 Juni 2022 07:32 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Instagram/prabowo)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Instagram/prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto belum juga menyatakan diri akan nyalon presiden di 2024. Padahal, para anak buahnya di Partai Gerindra, sudah nggak sabaran dan terus mendorong-dorong Prabowo segera deklarasi. Apakah Prabowo sedang menyimpan strategi atau ragu mau nyapres lagi?

Sejumlah DPD dan DPC Partai Gerindra telah mendeklarasikan Prabowo sebagai satu-satunya capres dari Gerindra untuk 2024. Deklarasi dari sejumlah elemen pendukung Prabowo juga sudah sangat ramai. Hampir setiap pekan ada deklarasi mendukung Menteri Pertahanan ini untuk nyapres.

Deklarasi paling anyar berlangsung kemarin. Pengurus DPC Gerindra Kota Metro bersama para petani, pegiat UMKM, serta masyarakat Kota Metro, Lampung, mendesak Prabowo segera mengumumkan diri maju nyapres di 2024. Deklarasi ini, dihadiri Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Baca juga : Anies Baswedan Masih Punya Waktu Nyalip Kok

"Saya akan menyampaikan aspirasi yang semakin menguat ini. Sesungguhnya masalah pribadi beliau sudah selesai. Kebutuhan beliau rasanya sudah terpenuhi. Namun, beliau merasa pengabdiannya pada bangsa dan negara belum maksimal. Itu sebabnya kami meminta Prabowo maju kembali pada Pilpres 2024," kata Muzani, saat menerima dukungan deklarasi di Lampung, kemarin.

Sebelumnya, kader Partai Gerindra dari Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur, juga deklarasi mendorong Prabowo nyapres, di Kompleks GOR Sidoarjo, Minggu (5/6). Deklarasi yang dihadiri anggota DPRD Jatim, DPRD Surabaya, DPRD Sidoarjo, ketua dan pengurus DPC Gerindra Surabaya dan Sidoarjo, serta ribuan kader lainnya itu, memohon Prabowo menyatakan diri nyapres. Sebab, sampai saat ini Prabowo belum menyatakan kepastian.

"Intinya kami memohon dan mendukung Pak Prabowo maju sebagai presiden dalam Pemilu 2024 mendatang," desak inisiator deklarasi Rahmad Muhajirin.

Baca juga : Ditanya Soal Harun Masiku, Firli: Pertanyaan Titipan Ya?

Akhir bulan lalu, tepatnya Kamis (26/5), di Sentral Cawang Hotel, Jakarta, Persatuan Purnawirawan Indonesia Raya (PPIR) Jakarta Timur juga mendukung Prabowo kembali berlaga. Deklarasi dihadiri Waketum Gerindra Habiburokhman.

"Orang bilang Pak Prabowo berkali-kali nyapres kalah, kok masih mau nyalon lagi? Pertanyaan sebaliknya, Pak Prabowo berkali-kali kalah, tapi kok surveinya paling tinggi. Artinya, Pak Prabowo tetap didukung oleh rakyat. Tidak ada kata menyerah, tidak ada kata surut mendukung beliau," kata Habiburokhman.

Sejauh ini, Prabowo memang seperti puasa bicara nyapres. Malahan, saat bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dua pekan lalu, Prabowo menyebut, capres dari Gerindra tidak mesti dirinya. "Ya nggak harus Prabowo, siapa saja. Kami ingin anak muda harus berani menawarkan diri untuk mengabdi kepada negara dan bangsa," katanya, waktu itu.

Baca juga : Gibran Makin Dekat Ke Jakarta

Lantas, kapan Prabowo deklarasi? Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan) yakin, jagoannya itu, bakal segera deklarasi. Sembari menunggu, kata Gus Irfan, seluruh kader kerja keras menggenjot elektabilitas dengan berbagai kegiatan dan safari politik.

Irfan menyebut, deklarasi harus dilakukan pada waktu yang pas. Karena banyak pertimbangan dan harus bicara dulu dengan berbagai elemen dan partai calon mitra koalisi. "Waktunya belum kita pastikan, tapi pasti akan segera ada deklarasi dari beliau, tapi tidak terlalu lama. Kami sembari hitung faktor-faktor lain yang berkaitan," ujar cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari ini, saat dikontak, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.