Dewan Pers

Dark/Light Mode

Deklarasi Capres Prabowo, Gerindra Masih Intip Survei

Selasa, 14 Juni 2022 08:00 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, KH Irfan Yusuf Hasyim. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, KH Irfan Yusuf Hasyim. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto masih tinggi dalam berbagai survei. Deklarasi dukungan dari akar rumput dan kader juga semakin nyaring. Lantas kapan Menteri Pertahanan itu resmi mendeklarasikan untuk nyapres?

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, KH Irfan Yusuf Hasyim mengungkapkan, partainya masih mencermati hasil survei sejumlah lembaga survei. “Baik yang menyebut Pak Prabowo nomor satu, maupun berapapun. Ini kami jadikan bahan evaluasi,” kata Gus Irfan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kapan Prabowo deklarasi? Gus Irfan menyebut segera. Deklarasi ini juga untuk menjaga momentum suara dan elektabilitas bosnya itu. Sembari menunggu Prabowo deklarasi, kata Gus Irfan, kader partai berlambang kepala Burung Garuda itu tetap menggenjot berbagai kegiatan dan safari politik.

Berita Terkait : Prabowo Sepertinya Ragu Mau Nyapres

Selain itu, deklarasi juga menunggu waktu yang pas, karena banyak pertimbangan dan harus bicara dulu dengan berbagai elemen dan partai calon mitra koalisi. “Waktunya belum kita pastikan, tapi tidak terlalu lama. Kami sembari hitung faktor-faktor lain yang berkaitan,” ujar Cucu Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy’ari ini.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani juga belum bisa menjawab pasti kapan bosnya deklarasi. “Insyaallah, deklarasi dalam bulan-bulan mendatang,” kata Muzani usai berziarah ke makam KH. Muslim Rifai Imampuro atau Mbah Limdi Pondok Pesantren Al Muttaqin Pancasila Sakti, Desa Troso, Karanganom, Klaten, Rabu (8/6) petang.

Muzani menyebut, Gerindra tengah menjalin komunikasi dengan partai-partai lain. Yang jelas, hubungan dengan semua partai dan tokoh baik-baik saja. Dia menegaskan, Prabowo merupakan satu-satunya calon yang akan diusung Gerindra. Untuk itu, dia meminta seluruh kader dan struktur partainya memenangkan Prabowo di Pilpres 2024.

Berita Terkait : Mimpi Giring Turun Kelas

“Pak Prabowo satu-satunya nama yang akan kita putuskan, majukan, dan deklarasikan menjadi calon presiden partai Gerindra,” tegasnya.

Sekadar informasi, survei Poltracking Indonesia dan SMRC, yang dirilis belum lama ini menempatkan tiga nama yang mengantongi elektabilitas tinggi dan dijagokan jadi Capres di 2024. Tiga tokoh itu yakni, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Di survei Poltracking, elektabilitas Ganjar nangkring di posisi pertama dengan elektabilitas 30,6 persen. Prabowo di posisi kedua dengan 26,8 persen dan Anies di posisi ketiga dengan 19,8 persen.

Berita Terkait : Usung Prabowo, Gerindra Disaranin Mikir Seribu Kali

Hasil survei SMRC tidak jauh beda. Ganjar ada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 30,3 persen. Prabowo di posisi kedua dengan 27,3 persen dan Anies di posisi ketiga dengan 22,6 persen. ■