Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Kata Demokrat, Soal Rencana Gabung Koalisi Bareng PKB Dan PKS

Jumat, 17 Juni 2022 20:50 WIB
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra (Foto: Istimewa)
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra blak-blakan soal maraknya pemberitaan, terkait rencana bergabungnya Partai Demokrat ke dalam koalisi Semut Merah, yang kini dihuni PKS dan PKB.

Menurutnya, Demokrat memang membuka komunikasi dengan semua parpol. Karena untuk ikut Pemilu 2024, partai harus memiliki koalisi yang memenuhi syarat presidential threshold 20 persen.

Dan belakangan ini, komunikasi dengan PKS dan PKB memang makin intens.

"Ada kesamaan platform, visi, dan cara pandang dalam memperjuangkan hak-hak dan program-program pro rakyat. Apalagi, kami pernah sama-sama dalam pemerintahan pada periode 2004-2014," jelas Herzaky dalam keterangannya, Jumat (17/6).

Baca juga : Sah! LPJ Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bandung Diterima Muscab

"Soal Capres atau Cawapres, kami kesampingkan dulu. Kami mengutamakan apa yang terbaik untuk rakyat," imbuhnya.

Herzaky menjelaskan, komunikasi yang dibangun Demokrat dilandasi sikap egalitarian atau kesetaraan. Tanpa saling mendominasi satu sama lain, membangun kepercayaan dan soliditas, serta menjunjung tinggi kedaulatan partai masing-masing.

"Kami juga sedang melakukan komunikasi intens dengan satu partai lagi, di luar PKS dan PKB," ujar Herzaky.

Koalisi Semut Merah

Baca juga : Nikita Mirzani, Rumah Dikepung Polisi Tolak Dijemput Paksa

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengungkap rencana Partai Demokrat bergabung dengan Koalisi Semut Merah, yang sudah digagas partainya bersama PKS.

Dia bilang, deklarasi koalisi akan dilakukan, ketika sudah menemukan waktu yang tepat.

”Ini kan baru komunikasi, pacaran. Soal deklarasi, soal pengumuman, itu kan soal teknis saja. Nggak ada yang terburu-buru," kata Gus Jazil di Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (17/6).

"Kalau kita mau deklarasi, ya nyari hari baik, nyari yang suasananya terang. Nggak mendung-mendung begini," imbuhnya.

Baca juga : Nias Utara Gencar Dongkrak Potensi SDM Dengan Literasi

Gus Jazil mengatakan, wacana koalisi ini perlu disampaikan. Agar publik mengetahui bahwa komunikasi politik di antara partai-partai terus berjalan. Misalnya saja: PKB, PKS, dan Demokrat.

Gus Jazil menegaskan, PKB ingin membangun koalisi yang memang betul-betul diharapkan oleh rakyat, dan yang memiliki peluang menang.

”Yang didukung PKB, mesti menang. Nah untuk kali ini, jangan sampai mitos ini hilang. Harus hati-hati. Harus lihat kanan kiri,” tuturnya. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.