Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua Umum Parpol KIB Semuanya Jadi Menteri

Jokowi Keluarin Jurus Kompromi Dan Akomodasi

Sabtu, 18 Juni 2022 08:00 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno. (Foto: Dok. DPR)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Terpilihnya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas, menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi, melengkapi komposisi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai koalisi partai para menteri. Ini terkait Pilpres 2024?

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno menyambut baik terpilihnya Zulhas ini. Artinya, kini seluruh ketua umum partai di KIB semuanya menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Baca juga : Ketua MK Anwar Usman Sah Jadi Adik Ipar Jokowi, Ijab Kabul Lancar Tanpa Pengulangan

Sebelum Zulhas menjadi Mendag, Ketum Golkar Airlangga Hartarto lebih dahulu menjabat sebagai Menko Bidang Perekonomian, dan Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa dipercaya sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan.

Di luar KIB, Jokowi mengangkat Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan, dan Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johny G Plate menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika.

Baca juga : Dikawal Kapolri, TIga Menteri Jokowi Tinjau Arus Mudik Lebaran Di Merak

“KIB kan dibentuk untuk 2024 dan seterusnya, untuk melanjutkan program-program pembangunan hari ini. Jadi, memang ini bertujuan untuk jangka panjang,” ujar Dave kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Putra mantan Ketua Umum Partai Golkar, Agung Laksono ini menilai, penting sebuah Pemerintahan hasil Pemilu 2024 nanti akan melanjutkan program kebaikan di Pemerintahan paling baru nantinya. Misalnya, melanjutkan program Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta, ke Kalimantan. Menurutnya, KIB menggaransi program kebaikan pemerintahan Presiden Jokowi saat ini untuk dilanjutkan pemerintahan selanjutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.