Dark/Light Mode

Ketua Umum Parpol KIB Semuanya Jadi Menteri

Jokowi Keluarin Jurus Kompromi Dan Akomodasi

Sabtu, 18 Juni 2022 08:00 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno. (Foto: Dok. DPR)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno. (Foto: Dok. DPR)

 Sebelumnya 
Itu dari segi program, apakah KIB ini juga menjadi ‘kendaraan’ Jokowi untuk menempatkan jagoannya di Pilpres 2024? Dave membantahnya. Dia memastikan, seluruh keputusan yang keluar dari KIB murni dari hasil musyawarah para petinggi parpol koalisi. “Segala sesuatu mengenai KIB akan dibahas internal, bukan dengan pihak luar,” tegasnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (PPK Kosgoro) 1957 ini berharap, KIB dapat terus membesar. Pasalnya, untuk melanjutkan berbagai program kebaikan Presiden Jokowi, harus dilakukan secara bersama-sama dengan visi dan misi yang sama pula.

Baca juga : Ketua MK Anwar Usman Sah Jadi Adik Ipar Jokowi, Ijab Kabul Lancar Tanpa Pengulangan

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi. Dia menjamin, semua keputusan KIB bebas dari campur tangan pihak luar dan diproses secara kekeluargaan dan musyawarah. “Kita bebas merdeka, tidak ada intervensi, apalagi Presiden Jokowi,” ujar Yoga kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Soal jagoan Pilpres 2024, Yoga mengatakan belum mengetahui siapa dan kapan akan di-launching. Namun, pastinya, jagoan yang akan diusung nantisatu pasang Capres-Cawapres. “Tidak ada saling paksa, atau telikung. Adanya itu saling sayang, saling melindungi, dan saling menghormati,” pungkasnya.

Baca juga : Dikawal Kapolri, TIga Menteri Jokowi Tinjau Arus Mudik Lebaran Di Merak

Menanggapi hal ini, pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menganalisa, pilihan Jokowi merekrut barisan menteri dari kalangan parpol adalah upaya menjaga stabilitas keamanan politik di dalam negeri.”Ini kan bagian dari pada kompromi dan akomodasi politik,” ujar Ujang kepada Rakyat Merdeka, kemarin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.