Dark/Light Mode

FKPD Balik Ngedukung AHY

Amunisi Politik Demokrat Berlipat

Minggu, 3 Juli 2022 07:35 WIB
Ketum Barisan Setia Demokrat (BSD), Tommy Rusihan Arief. (Foto: Istimewa)
Ketum Barisan Setia Demokrat (BSD), Tommy Rusihan Arief. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Barisan Setia Demokrat (BSD) menyambut baik pemberian dukungan Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator (FKPD) Partai Demokrat (PD) kepada Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dukungan dari para sesepuh itu semakin menguatkan partai menuju kontestasi 2024.

“Mari bergandengan tangan mendukung AHY seperti dahulu ketika mengantarkan SBY menjadi Presiden dua periode,” ujar Ketum BSD, Tommy Rusihan Arief kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : KPK Masih Perlu?

Pernyataan ini, merupakan reaksi atas pernyataan FKPD-PD yang bakal mendukung penuh barisan kepengurusan AHY di Partai Demokrat. Konon, organisasi pendiri dan deklarator ini sebelumnya berniat membuat partai baru, atau dikenal sebagai Partai Demokrat Perjuangan.

Nah, jika keputusan mendirikan partai baru diambil FKPD-PD, Tommy Arief merasa prihatin. Sekalipun, tentu mendirikan partai baru tanpa atribut Partai Demokrat itu sah-sah saja. Namun, itu sama saja dengan membuang energi. Sebab, tidak mudah untuk lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca juga : Bangun Sistem Politik Sehat, KIB Dinilai Koalisi Cerdas

Menurut Arief, kembali ke Partai Demokrat di bawah komando AHY jauh lebih tepat. Selain bersifat rekonsiliasi, juga menambah amunisi bersama untuk menjadi juara di Pemilu 2024. Diceritakan, silaturahmi yang dilakukan AHY dan jajaran Partai Demokrat saat ini ke sejumlah elit parpol dan tokoh masyarakat merupakan bagian dari upaya rekonsiliasi bangsa. Tujuannya, agar bangsa ini semakin kokoh dan terhindar dari konflik akibat dua Pemilu sebelumnya.

“Tokoh muda seperti Mas AHY melakukan ikhtiar rekonsiliasi dengan tokoh-tokoh Kader Demokrat yang berseberangan adalah panggilan mulia. Didasarkan pada kepentingan bersama menjaga keutuhan Demokrat, bangsa dan negara,” paparnya.

Baca juga : Jalan Politik Anies Semakin Terbuka

Sebelumnya, Juru Bicara DPP FKPD-PD, Ilal Ferhard menyatakan organisasinya mendukung penuh kepemimpinan Ketum AHY. Dia yakin, kepemimpinan AHY berhasil meningkatkan pamor partai di kancah politik nasional menje­lang Pemilu 2024.

“Kami para pendiri dan deklarator tetap setia dan menjunjung tinggi Parta Demokrat yang kami bangun bersama sama SBY saat itu di tahun 2001,” ujar Ilal Ferhard, kepada Rakyat Merdeka. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.