Dark/Light Mode

Pengamat: Pendukung Pemilih Jokowi Berpaling Ke Prabowo

Minggu, 5 Juni 2022 14:49 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipaparkan Jumat kemarin menunjukkan fenomena politik yang menarik.

Fenomena tersebut yakni adanya penggerusan dukungan pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden menurun dalam satu tahun terakhir. Sebaliknya, dukungan pemilih Jokowi terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto trennya terus naik. 

Baca juga : Tak Punya Paspor, Perempuan Bangladesh Berenang Ke India

"Ini tentu fenomena menarik karena terjadi penggerusan dukungan pemilih Presiden Jokowi dari Pak Ganjar bergeser ke Pak Prabowo yang trennya terus meningkat," ujar pengamat politik Arif Nurul Imam ketika dihubungi wartawan, Minggu (5/6).

Dikatakan Arif, temuan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, terjadi rivalitas perebutan dukungan pemilih Jokowi. Di mana, meski Ganjar masih unggul, namun terus merosot.

Baca juga : Pengamat: Prabowo Paling Siap Maju Pilpres

Selama kurun Desember-Maret, Prabowo naik 4 persen. Sebaliknya, Ganjar turun 4 persen. "Trend ini bisa dibaca bahwa persepsi pemilih pendukung Pak Jokowi mulai berpaling dari Ganjar ke Prabowo," tuturnya. 

Kemesraan Prabowo dengan Presiden Jokowi, kata Arif, bisa jadi membuat pemilih berpaling dan mendukung Prabowo. Selain pada Lebaran kemarin sowan ke Jokowi, kehadiran  Gibran Rakabuming Raka ke Hambalang untuk belajar naik kuda bersama Prabowo, makin menguatkan kesan pada publik bahwa bos Gerindra itu memang dekat dengan Jokowi. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.