Dark/Light Mode

Perlahan Tapi Pasti

Mega Kasih Tongkat Komando Ke Puan

Selasa, 5 Juli 2022 07:47 WIB
Ketua DPR Puan Maharani ikut panen tebu di Desa Mertapada Wetan, Kecamatan Astanajapura, Cirebon, kemarin. (Foto: Instagram/puanmaharaniri)
Ketua DPR Puan Maharani ikut panen tebu di Desa Mertapada Wetan, Kecamatan Astanajapura, Cirebon, kemarin. (Foto: Instagram/puanmaharaniri)

 Sebelumnya 
Lalu, apa benar Puan sedang dipersiapkan untuk menggantikan Mega? Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meminta publik tidak mencurigai demikian. Wara-wirinya Puan semata-mata tuntutan pekerjaan.

"Mbak Puan selain sebagai Ketua DPP, beliau juga sebagai Ketua DPR. Dalam kapasitasi itu, fungsi partai di dalam mengorganisir rakyat dengan turun ke bawah, membangun silaturahmi dengan para tokoh, merupakan bagian tugas sebagai kader partai," ujar Hasto, kemarin.

Baca juga : Ekonomi Masih Aman Kan?

Sebagai pimpinan DPR, lanjutnya, sudah seyogyanya Puan sering-sering menyerap aspirasi. "Turun ke bawah, melihat kondisi masyarakat secara langsung dan bagaimana mendorong kebijakan politik sesuai dengan aspirasi rakyat, merupakan bagian dari tugas sebagai Ketua DPR," bebernya.

Namun, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan punya pandangan lain. Dia memandang, Puan memang sedang dipersiapkan untuk menggantikan Mega. "Sampai sekarang, yang paling terlihat bakal menggantikan Mega adalah Puan," ucap Djayadi, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Pakai Travel Ilegal, 46 Calon Haji WNI Dipulangkan Ke Tanah Air

Menurut Djayadi, saat ini Puan tengah ditatar oleh Mega. Dengan keliling daerah, Puan bisa melakukan pendekatan personal ke berbagai segmen masyarakat. “Itu akan membantu membangun ketokohan Puan, meskipun tentu belum bisa menyaingi Mega," pungkasnya.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari berpandangan lebih jauh tentang titah Mega ke Puan. Dia menduga, Mega sedang memberi kesempatan kepada putrinya itu, untuk membangun popularitas dan elektabilitas untuk Pilpres 2024. "Soal keputusan, lihat nanti hasil dari survei politik. Kalau meningkat, tentunya makin besar alasan dukung Puan Capres," imbuh dia.

Baca juga : Mahfud MD Lepas Jenazah Tjahjo Kumolo Ke TMP Kalibata

Terkait kursi Ketua Umum PDIP, Qodari menyatakan, pelan tapi pasti akan diturunkan ke Puan. Saat ini, Puan sedang menjalani proses dengan berkeliling daerah.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.